adplus-dvertising

Mahasiswa Semester Akhir? Simak 7 Tips Memilih Judul Skripsi yang Baik dan Menarik

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
438 dilihat
Mahasiswa Semester Akhir? Simak 7 Tips Memilih Judul Skripsi yang Baik dan Menarik
Memilih judul skripsi yang unik, menarik, dan terarah akan memberi peluang lebih besar untuk segera disetujui dosen. Foto: Repro Campuspedia.id

" Membuat judul skripsi adalah salah satu tugas yang cukup sulit. Dalam membuat judul skripsi mahasiswa sebaiknya membuat judul yang unik, menarik dan terarah "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi mahasiswa semester akhir, membuat judul skripsi adalah salah satu tugas yang cukup sulit. Dalam membuat judul skripsi mahasiswa sebaiknya membuat judul yang unik, menarik dan terarah.

Hal demikian guna membantu peluang judul skripsi mahasiswa disetujui oleh dosen. Selain itu, untuk topiknya sendiri yakni tidak harus sesuatu yang baru sebab, mahasiswa masih bisa mengembangkan judul melalui penelitian-penelitian sebelumnya.

Nah, bagaimana mencari judul skripsi yang menarik, layak dan orisinil? Berikut 7 tips yang mungkin membantu kamu:


1. Cari tahu hal yang paling diminati atau disukai

Mengutip dari Sindonews.com, menemukan hal yang diminati itu bisa diawali dari mengapa memilih jurusan yang saat ini ditempuh di bangku perkuliahan. Kemudian ingat kembali apa topik perkuliahan yang memantik minatmu untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Topik yang diminati ini akan mempermudah menyusun skripsi karena prosesnya saja sudah diawali dengan sesuatu hal yang disenangi

2. Perbanyak literatur dan mendengar informasi-informasi baru

Salah satu kunci untuk menulis skripsi dengan materi yang berisi itu adalah dengan banyak membaca dan mengetahui banyak informasi. Dengan selalu mendengar informasi terbaru dan kekinian yang terjadi di masyarakat maka akan tercipta satu judul skripsi yang menarik dan orisinil.

Selain itu dengan banyaknya literatur yang dibaca maka menemukan ide untuk membuat judul juga akan jauh lebih cepat. Banyaknya bacaan dan informasi yang diserap juga akan memperbanyak bahan tulisan untuk skripsi yang akan disusun.

3. Berkonsultasi dengan dosen pembimbing skripsi

Adanya dosen pembimbing memang tugasnya untuk membantu mahasiswa bisa menemukan topik dan judul skripsi sehingga mahasiswa yang dibimbingnya lulus dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: Catat, Ini Manfaat dan Cara Konsumsi Madu untuk Asam Lambung

Maka jangan ragu untuk mendatangi dosen pembimbing untuk berkonsultasi. Ada baiknya jika sebelum bertemu dengan dosen pembimbing membawa beberapa judul skripsi yang mau diajukan. Setelah itu berkonsultasilah.

4. Pilih tema yang bisa diselesaikan tepat waktu

Dikutip dari Kompas.com, hal berikutnya ialah kami harus mempertimbangkan alokasi waktu dalam memilih judul skripsi. Pilihlah judul skripsi yang bisa kamu selesaikan, karena jangan sampai kamu memilih judul yang sulit dengan kombinasi beberapa variabel.

Sehingga di tengah proses penyusunan skripsi, kamu memilih menyerah dan hendak mengganti judul skripsi. Maka dari itu kamu dituntut bijak dalam memilih skripsi.

5. Pertimbangkan alokasi dana

Tips memilih judul skripsi lainnya ialah jangan lupa mempertimbangkan aspek biayanya. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam menyusun sebuah skripsi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Baca Juga: Mudah dan Aman, Lakukan 6 Cara Ini Mengecilkan Pipi Tembem

Mulai dari biaya penelitian, print, jilid, dan ujian skripsi. Maka dari itu pilih suatu judul skripsi yang jenis penelitiannya tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

6. Sering turun lapangan

Biasanya, observasi awal adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum memilih dan menentukan judul skripsi.

Karena observasi faktual membuat kamu kaya akan informasi yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam membuat judul skripsi yang baik.

7. Hasil penelitian harus bermanfaat bagi orang lain

Tips berikutnya ialah jika kita melakukan sesuatu dengan niat agar hal yang kita lakukan tersebut bisa memberi manfaat untuk orang lain, maka yakinlah Tuhan akan memberikan kamu solusi dalam mengatasi setiap masalah yang menimpa dalam proses penyusunan skripsi tersebut.

Mungkin akan dapat berbagai tantangan dan rintangan dalam proses penyusunan skripsi, akan tetapi Tuhan akan selalu memperlihatkan jalan keluar/solusi yang benar, karena niat kamu pada awalnya yakni ingin membantu orang lain. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga