Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Praktik Kebidanan Komplementer di PT Richindo Yogjakarta

Nur Fauzia, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Praktik Kebidanan Komplementer di PT Richindo Yogjakarta
Usai seminar foto bersama mahasiswa profesi bidan dan ketua Stikes Pelita Ibu Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu Kendari menggelar seminar laporan hasil praktik kebidanan komplementer Ibu dan anak oleh mahasiswa profesi bidan angkatan ke V bersama PT Richindo Yogyakarta di gedung Aula Stikes Pelita Ibu, Jumat (28/6/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu Kendari menggelar seminar laporan hasil praktik kebidanan komplementer Ibu dan anak oleh mahasiswa profesi bidan angkatan ke V bersama PT Richindo Yogyakarta di gedung Aula Stikes Pelita Ibu, Jumat (28/6/2024).

Ketua Stikes Pelita Ibu, Rosmawati Ibrahim kepada Telisik.id mengatakan, program ini selalu dilakukan pada akhir pembelajaran, dimana kuliah profesi bidan pada S1 selama satu tahun dan D4 selama satu setengah tahun.

Kata dia, pada mata kuliah komplementer ini para bidan yang sudah dapat memiliki praktik ANC (Antenatal Care), INC (Intranatal Care), dan PNC Postnatal Care) karena sudah mengikuti komplementer.

Baca Juga: Optimalkan Penataan Pasar, Pemkot Kendari Lakukan Pelebaran Jalan dan Tertibkan PKL

Rosmawati berharap, para bidan yang telah menyelesaikan studinya nanti dapat membuka praktek secara mandiri. Karena selain sudah memiliki kompetensi kebidanan, mereka juga sudah memiliki komplementer, dengan catatan harus bekerja secara profesional.

Salah satu mahasiswa profesi bidan yang mengikuti komplementer, Husnaria memaparkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan praktik kerja profesi yang equivalent dan menjadi wadah untuk menambah wawasan, serta pengetahuan secara nasional dan internasional tentang pendidikan kebidanan.

Kegiatan ini juga, tambah Husnaria, dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan perbaikan model pendidikan di Stikes tPelita Ibu khususnya program Studi Profesi Bidan.

Husnaria menambahkan, salah satu yang menarik dari praktik kali ini yaitu mahasiswa diberikan pelatihan mom baby kids spa, yoga ibu hamil, dan post partum yang menjadi dasar dalam pemilihan Praktik komplementer agar nantinya dapat dipraktekkan saat kembali di tempat kerja masing-masing.

Baca Juga: Pj Wali Kota Muhammad Yusup Dorong Penataan Drainase untuk Kendari Bebas Banjir

Siti Rahma, mahasiswa kebidanan yang juga mengikuti komplementer tersebut mengatakan, pengalaman praktik komplementer ini benar-benar membukakan mata mereka terhadap pentingnya pendekatan holistik dalam perawatan kebidanan.

Siti mengungkapkan, pada mom and baby spa mereka belajar tentang bagaimana terapi pijat dan perawatan spa dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi.

"Secara keseluruhan program ini memberikan kami pengetahuan praktis dan keterampilan baru yang sangat berharga untuk masa depan kami sebagai bidan Kami lebih siap memberikan perawatan yang komprehensif dan berempati kepada ibu dan bayi," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga