Mahasiswa UHO Rehabilitasi Karang di Konsel

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 16 Maret 2020
0 dilihat
Mahasiswa UHO Rehabilitasi Karang di Konsel
UKM Selam UHO saat berada di lokasi rehabailitasi karang. Foto: Ist

" Kami mengingat bahwa, pentingnya ekosistem tersebut, sehingga UKM Selam UHO merasa perlu untuk mengambil langkah dalam upaya melestarikan ekosistem terumbu karang. Harapan kami, melalui kegiatan ini kita terlibat dan mengambil langkah pasti dalam menjaga ekosistem terumbu karang "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Selam Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan rehabilitasi terumbu karang di Perairan Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Minggu (15/3/2020).

Rehabilitasi terumbu karang dengan cara transplantasi menggunakan media blok beton ini, merupakan program jangka panjang  UKM Selam UHO hingga 2045, dengan target melakukan transplantasi sebanyak 1 juta anakan karang. 

Ketua Patia UKM Selam UHO, Muh Yusuf mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan perdana UKM Selam UHO dalam kegiatan rehabilitasi terumbu karang.

"Kami mengingat bahwa, pentingnya ekosistem tersebut, sehingga UKM Selam UHO merasa perlu untuk mengambil langkah dalam upaya melestarikan ekosistem terumbu karang. Harapan kami, melalui kegiatan ini kita terlibat dan mengambil langkah pasti dalam menjaga ekosistem terumbu karang," terang Yusuf kepada telisik.id saat ditemui dilokasi selam.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe Selatan Imam Munawar, yang turut hadir mengatakan, kegiatan rehabilitasi karang merupakan kegiatan menarik serta merupakan salah satu bagian dari tugas Dinas Kelautan.

"Sehingga kedepan kami dapat bekerja sama dengan UKM Selam UHO, dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini untuk berikutnya," ujar Imam Munawar.

Sementara itu, Ketua Umum UKM Selam UHO, Junawir mengungkapkan bahwa, kegiatan ini adalah kegiatan jangka panjang hingga tahun 2045.

"Kegiatan Kita ini adalah transplantasi karang dengan menerapkan sistem adopsi, jadi beberapa yang telah mengadopsi karang yang kami transplantasi diantaranya M. Zulficar Mochtar selaku ketua Ikatan Sarjana Kelautan yang Juga merupakan Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Prof. Zamrun rektor UHO, Dr. Nur Arafah Wakil Rektor III UHO, Prof. La Sara Dekan FPIK UHO, LM Yasir  Haya Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan banyak lagi yang belum saya sebutkan," pungkasnya.

Kegiatan Rehabilitasi itu banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra, DKP Konsel, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, Sailfish Diving Club Universitas Muhammadiyah Kendari dan UHO, serta telisik.id sebagai media partner.

Reporter: Ana Pratiwi
Editor: Sumarlin

Baca Juga