Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu, KPU Jawa Timur Bidik Pemilih Pemula

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
0 dilihat
Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu, KPU Jawa Timur Bidik Pemilih Pemula
Para pemilih pemula sedang kunjungan ke KPU Jawa Timur, terkat Pemilu 2024. Foto: Ist.

" KPU Jawa Timur terus mengenalkan Pemilu 2024 di seluruh lapisan masyarakat, termasuk pada pemilih pemula "

SURABAYA, TELISIK.ID - KPU Jawa Timur terus mengenalkan Pemilu 2024 di seluruh lapisan masyarakat, termasuk pada pemilih pemula. Penyelenggara pemilu tersebut melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) di tataran siswa SMP di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Surabaya.

Sekretaris KPU Jawa Timur, Nanik Karsini mengatakan, dalam Sosdiklih tersebut dilakukan untuk mengenalkan Pemilu 2024 kepada pemilih pemula.

"Kami juga memperkenalkan anggota KPU Jawa Timur, situasi kantor menjelang persiapan Pemilu 2024, serta mengajak para siswa dan siswi berpartisipasi dalam kegiatan pemilu mendatang," jelasnya, Selasa (20/9/2022).

Forum ini, kata Nanik, diharapkan bisa bermanfaat bagi seluruh siswa sebagai pemilh pemula dalam mengenal Pemilu 2024 mendatang.

"Jadi tidak hanya belajar melalui buku saja. Di sini, adik-adik pelajar juga akan diperkenalkan menjadi pemilih cerdas,” tutur Nanik.

Baca Juga: Dari PAN, Istri Mantan Bupati Muna Pindah ke Demokrat

sedangkan Anggota KPU Jatim Divisi Sosdiklih dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, pada Pemilu 2024 mendatang, pihaknya berharap agar semangat pelajar untuk mewujudkan impian menjadi salah satu bagian dari pejabat atau penyelenggara pemilu.

Pria kelahiran Magetan ini mengatakan, pemilih pemula adalah calon para pemimpin yang akan memegang estafet kepemimpinan bangsa ini.

Baca Juga: Ketum NasDem Surya Paloh Dijadwalkan Roadshow ke Kendari, Boyong Petinggi DPP

"Yang paling penting, pemilih pemula dan muda yang mau menggunakan hak pilih memiliki kecenderungan terus berpartisipasi dalam pemilu berikutnya," katanya.

Salah satu siswa bernama Celine Patricia mengaku senang adanya pelatihan dan pendidikan tentang pemilu itu. Adanya pendidikan dan pelatihan tersebut, bisa menambah wawasan dirinya tentang kepemiluan.

“Saya senang bisa belajar banyak hal tentang demokrasi dan pemilu di KPU Jawa Timir. Saya harap pemilu mendatang dapat berjalan dengan lancar.” ungkapnya. (A)

Penulis: TRy Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga