Mantan Pelatih Vietnam Memutuskan Mualaf, Ini Kisahnya

Merdiyanto , telisik indonesia
Sabtu, 30 Maret 2024
0 dilihat
Mantan Pelatih Vietnam Memutuskan Mualaf, Ini Kisahnya
Mantan pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier memutuskan berpindah keyakinan ke Islam karena temukan kedamaian. Foto: Repro Suara.com

" Tak banyak yang mengetahui Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Vietnam adalah seorang mualaf yang memutuskan untuk menjadi muslim pada tahun 2006 lalu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tak banyak yang mengetahui Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Vietnam adalah seorang mualaf yang memutuskan untuk menjadi muslim pada tahun 2006 lalu.

Sebelumnya, Philippe Troussier dibanjiri hujatan dari fans Vietnam usai dipermalukan Timnas Indonesia dengan skor 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Namun ada kisah sisi lain Philippe Troussier yang belum banyak publik mengetahui.

Dikutip dari Viva.co.id, ketika dia tinggal di Maroko selama bertahun-tahun dan mulai berkenalan dengan Islam, dia merasa Islam adalah agama yang benar. Saat mempelajarinya, dia menemukan kedamaian.

Philippe Troussier sendiri tidak asing lagi di kalangan penggemar sepakbola Asia, terutama kemenangan Piala Dunia 2002. Dia berhasil membawa Timnas Jepang ke 16 besar Piala Dunia 2002.

Baca Juga: Robert Bauer Pindah ke Arab Saudi, Dua Kali Bersyahadat

Sebelum Philippe Troussier menangani Jepang, dia sempat melatih beberapa tim nasional yang mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti Qatar dan Maroko.

Sebagai informasi, Philippe Troussier hanya tinggal lima bulan di Maroko, tetapi di sana dia bertemu Islam dan memilih memeluk Islam sekaligus mengganti namanya menjadi Omar.

"Awalnya saya tidak mau menunjukkan keislaman saya pada keluarga saya. Saya ingin menjaga perasaan saya sendiri," ucapnya.

Dikutip dari Tvonenews.com, teman Philippe sempat memberi tahu orang lain tentang Philippe Troussier dan sang istri sudah memeluk Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sang istri mengikuti Philippe Troussier mengubah namanya dari Dominique menjadi Amina. Bahkan pindahnya Philippe dimuat dalam surat kabar Prancis, L'Opion.

Baca Juga: Terpukau dengan Sholat, Wanita Ini Putuskan Mualaf

Sementara itu, VFF federasi sepakbola Vietnam resmi memutus kontrak sang manajer sebagai kepala pelatih Timnas Vietnam setelah tiga kali secara beruntun dibantai Timnas Indonesia.

Pelatih asal Prancis itu harus kembali menerima pil pahit setelah kalah dari Indonesia di laga yang berlangsung secara dramatis tersebut.

Timnas Vietnam tumbang di kandang sendiri dengan skor telak 3-0 melawan Indonesia. Dimana sebelumnya Vietnam takluk 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024). (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga