Mantap Cagub Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas Masih Fokus Emban Sisa Jabatan Wagub

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Mantap Cagub Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas Masih Fokus Emban Sisa Jabatan Wagub
Wakil Gubernur Sulawesi, Lukman Abunawas masih fokus jalankan sisa jabatan sebelum bertarung di Pemilu 2024. Foto: Anna Pratiwi/Telisik

" Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas mantap maju sebagai calon gubernur pada Pemilu 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas mantap maju sebagai calon gubernur pada Pemilu 2024 mendatang.

Meski begitu, saat ditanya persiapannya dalam kontestasi politik tersebut, Lukman mengaku masih fokus mengemban sisa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi.

Menjadi orang nomor 2 di Sulawesi Tenggara yang menyangkut 17 kabupaten/kota, 237 kecamatan, dan 2347 desa/kelurahan, ia mengaku sudah mengitari hampir seluruh pelosok bumi anoa.

Baca Juga: Lahan Makam TPU Punggolaka Kendari Semakin Minim

Dalam perjalanannya menjadi wakil gubernur, Lukman melihat potensi yang luar biasa dan dapat terus dikembangkan.

"Kita ada 4 sektor unggulan, yang pertama pertanian peternakan, kelautan perikanan, pertambangan dan pariwisata," jelasnya.

Ke empat potensi itu, kata Lukman, menjadi tanggung jawabnya untuk sebisa mungkin dimanfaatkan sehingga berdampak pada pengurangan angka kemiskinan.

Baca Juga: Ribuan Penonton Padati Lokasi Konser Dewa 19 di Kendari, Ratusan Personel TNI Polri Siaga

Angka kemiskinan Sulawesi Tenggara yang dicatat Badan Pusat Statistik (BPS) di laman Bps.go.id memang cukup tinggi, yaitu sebesar 10,1 persen di tahun 2022. Angka itu disebut yang tertinggi sejak delapan tahun terakhir.

Lukman Abunawas mengakui ke empat sektor tersebut belum secara maksimal dimanfaatkan untuk menghasilkan PAD yang besar.

Dilansir dari Setkab.go.id, Ali Mazi dan Lukman Abunawas dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur sejak 5 September 2018 lalu. Artinya, kepemimpinan keduanya akan segera berakhir di 5 September 2023 mendatang. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga