Masjid 5 Abad dan Tertua di Muna Barat Mulai Direhab

Amsir, telisik indonesia
Kamis, 26 Mei 2022
0 dilihat
Masjid 5 Abad dan Tertua di Muna Barat Mulai Direhab
Masjid tertua di Kabupaten Muna Barat yang sudah berusia 5 abad, mulai rehab secara total. Foto: Amsir/Telisik

" Masjid berusia 5 abad ini dibangun oleh Raja Tiworo yang bernama Sangia Bharakati atau La Ode Asamana "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Masjid tertua di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara  bernama masjid Sangia Barakati yang terletak di tengah Benteng Tiworo mulai direhab total.

Masjid Sangia Bharakati ini dibangun sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1496. Masjid berusia 5 abad ini dibangun oleh Raja Tiworo yang bernama Sangia Bharakati atau La Ode Asamana.

Masjid yang memiliki ukuran 7×7 meter dan sekarang menjadi 9×9 meter mulai dilakukan rehab total. Mulainya proses rehab ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muna Barat, Adnan Saufi dengan didampingi oleh Camat Tiworo Kepulauan (Tikep), tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar.

Adnan Saufi menyampaikan, pembangunan masjid ini merupakan upaya melestarikan situs sejarah kesultanan yang ada di Muna Barat, khususnya Tiworo Raya. Pembangunan atau rehabilitasi total masjid ini diharapkan ke depannya dapat dirasakan manfaatnya oleh para generasi penerus.

“Masjid Sangia Barakati Benteng Tiworo ini merupakan masjid yang akan menjadi binaan langsung Kantor Kemenag. Di mana peradaban Islam pertama di pusatkan di masjid benteng ini. Untuk itu, kita harus menjaga masjid yang merupakan sejarah di Tiworo ini,” kata Adnan Saufi, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Dikabarkan Terlantar, Peserta Napak Tilas Oputa Yii Koo Bubar

Baca Juga: Anggaran KONI Muna Terbatas, Ditambah di Perubahan APBD 2022

Untuk itu, Adnan Saufi mengajak kepada seluruh masyarakat dan keluarga besar Tiworo Raya untuk bersama-sama bahu-membahu, bergandengan tangan dan bersatu padu membangun masjid ini.

“Gunakan kesempatan ini untuk mengembalikan kejayaan Islam di daerah kesultanan yang telah diperjuangkan oleh orang tua kita dulu,” ucapnya.

Kata Adnan, pembangunan masjid tertua yang merupakan situs sejarah ini adalah cita-cita terbesar baginya untuk dapat melihat masjid Sangia Barakati Benteng Tiworo ini berdiri. Masjid ini telah menjadi titik awal peradaban Islam masyarakat di Muna Barat. (C)

Penulis: Amsir

Editor: Kardin

Baca Juga