Masjid Istiqlal Tak Mengadakan Salat Idul Fitri

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 12 Mei 2021
0 dilihat
Masjid Istiqlal Tak Mengadakan Salat Idul Fitri
Inilah tampilan dari luar Mesjid Istiqlal Jakarta pasca renovasi. Foto: Ist.

" Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idul Fitri terbuka untuk umum. Sehingga, ini menjadi contoh bagi yang lain, anjuran kami adalah untuk masyarakat salat di masjid di sekitar rumahnya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Masjid Istiqlal tahun ini kembali tidak merencanakan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1442 Hijriah secara terbatas, setelah mengambil pertimbangan bahwa penularan COVID-19 masih menjadi fokus perhatian.

Di samping itu, keputusan tersebut diambil setelah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, mengarahkan agar salat Idul Fitri di Istiqlal dibatalkan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi langkah yang dilakukan pengelola Masjid Istiqlal tersebut, karena sebelumnya seluruh Kepala Daerah Jabodetabek-Cianjur sepakat untuk menganjurkan ibadah salat Idul Fitri di rumah atau di halaman.

Bahkan, jika keduanya tidak memungkinkan, maka bisa dilaksanakan di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

Baca juga: Penyuap Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo, Suharjito Dijebloskan KPK ke Rutan Cibinong

"Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idul Fitri terbuka untuk umum. Sehingga, ini menjadi contoh bagi yang lain, anjuran kami adalah untuk masyarakat salat di masjid di sekitar rumahnya," ujar Anies, di Pendopo Balai Kota Jakarta, pada Selasa (11/5/2021).

Anies pun menilai, jika Masjid Istiqlal tetap mengadakan ibadah salat, maka potensi jemaah yang mendatangi lokasi tersebut akan berasal dari tempat jauh, karena tempatnya di daerah perkantoran dan fasilitas umum.

"Jadi, ketika Masjid Istiqlal sejalan dengan kebijakan Pemprov, kami sampaikan apresiasi dan berharap ini menjadi contoh, yakni contoh bagi masjid-masjid raya yang lain bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh," jelasnya.

"Jadi, masyarakat jangan bepergian, bagi para pengelola masjid raya juga diharapkan tidak secara khusus menyelenggarakan secara besar, yang berpotensi penularan. Karena itu, sikap Masjid Istiqlal untuk meniadakan salat Idul Fitri kami apresiasi," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga