Masuk Musim Pancaroba, Pemkot Kendari Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Masuk Musim Pancaroba, Pemkot Kendari Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor
Masuki musim pancaroba Pemkot Kendari, imbau masyarakat waspasa bencana alam seperti bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Memasuki musim penghujan, Pemkot Kendari minta masyarakat waspada menghadapi musim pancaroba yang berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung "

KENDARI, TELISIK.ID - Memasuki musim penghujan, Pemkot Kendari minta masyarakat waspada menghadapi musim pancaroba yang berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, berdasarkan analisa dan prakiraan cuaca oleh Stasiun Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) perihal pelayanan analisa dan prakiraan cuaca di Kota Kendari.

Masyarakat perlu melakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, dalam rangka meminimalisir dampak dari bencana yang mungkin timbul selama musim pancaroba terjadi.

Baca Juga: Divhumas Polri Gelar Dialog Publik Virtual, Kesiapan Sambut Masa Kampanye 2024

Senada, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan pada beberapa waktu lalu juga menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terutama di daerah rawan bencana. Pemkot sendiri sudah melakukan upaya seperti adanya kolam retensi di Boulevard.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kelas II Kendari, Sugeng Widarko mengungkapkan, peralihan musim kemarau ke musim hujan merupakan fenomena alam yang biasa terjadi pada akhir tahun.

"Pada musim peralihan ini akan terjadi hujan tapi tidak masif dan bukan musim hujan. Hujannya terjadi sekitar tiga hari pada sore hari. Tapi ini bukan musim hujan," tutupnya, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ingatkan Pegawai Jaga Kedisiplinan

Diketahui Kota Kendari dan sekitarnya sudah mengalami hujan sejak memasuki November 2023, namun dengan intensitas yang cukup rendah. Selain mengantisipasi terjadinya bencana alam, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan.

Suhu yang berubah-ubah dapat mempengaruhi kesehatan, terutama sistem kekebalan tubuh. Jagalah diri Anda dengan mengenakan pakaian yang sesuai dan memperhatikan gejala perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Selain itu, musim ini seringkali memicu peningkatan risiko penyakit pernapasan, sehingga tetap waspada terhadap infeksi saluran pernapasan seperti flu dan pilek.

Di musim pancaroba, Anda perlu waspada terhadap perubahan cuaca yang drastis. Suhu dapat berubah secara tiba-tiba, sehingga penting untuk selalu membawa pakaian yang sesuai. Selain itu, infeksi saluran pernapasan juga lebih umum terjadi, jadi jaga kebersihan diri dan hindari kontak dengan orang yang sakit. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga