Masyarakat Nelayan di Muna Dukung Hugua Jadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Masyarakat Nelayan di Muna Dukung Hugua Jadi Gubernur Sulawesi Tenggara  2024
Hugua bersama masyarakat nelayan di Kabupaten Muna. Foto: Ist.

" Dukungan untuk Hugua sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029 terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari masyarakat nelayan di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Dukungan untuk Hugua sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029 terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari masyarakat nelayan di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna.

Abdul Aziz selaku koordinator masyarakat nelayan Kecamatan Maligano mengungkapkan bahwa beberapa waktu belakangan dirinya melakukan diskusi dengan nelayan-nelayan di Maligano terkait dengan sosok calon gubernur yang akan didukung.

Dari banyaknya tokoh di Sulawesi Tenggara, alhasil kebanyakan mereka sangat menyukai latar belakang dan rekam jejak Hugua.

Baca Juga: Abdul Muslim, Balon Bupati Muna Pertama Ambil Formulir di Demokrat

"Menurut kami Pak Hugua adalah sosok pemimpin yang paling dekat dengan para nelayan, sebab beliau berpengalaman memimpin Wakatobi yang mayoritas penduduknya adalah nelayan di pesisir. Dulu waktu Pak Hugua menjadi Bupati Wakatobi, kami mendengar cerita dari keluarga di sana bahwa harga ikan sangat bagus karena banyak turis luar negeri yang membelinya," kata Abdul Aziz.

Selain itu kata Aziz, pada saat kepemimpinan Hugua di Wakatobi juga bantuan alat tangkap ikan diberikan kemudian diadakan pelatihan terkait yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh nelayan, sehingga kondisi laut tetap asri dan tidak tercemar.

Hugua juga melalui Yayasan Sintesa bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Sulawesi Tenggara, melalui proyek Rehabilitasi Mangrove bantuan Asian Development Bank, telah melakukan pendampingan  pemberdayaan nelayan di kawasan bakau Kabupaten Muna dan Muna Barat sekitar 18 tahun lalu.

Lanjutnya, melalui Sintesa juga telah membantu pengadaan air bersih di sekitar komunitas bajo dengan pengadaan perahu pengangkutan air ke desa-desa bajo di kepulaun Kecamatan Tiworo Kepulauan saat itu.

Di samping itu, program Sintesa memberi bantuan air bersih dan bantuan jamban keluarga di beberapa desa di Maligano Muna Timur sekitar 13 tahun lalu.

Baca Juga: Sekda, Kadis PMD dan Ketua DPD II Golkar Muna Ogah jadi Bacawabup Rajiun

Abdul Aziz menambahkan, sebagaimana kesuksesan Hugua memimpin Wakatobi, sudah menjadi tugas bersama untuk saling bahu membahu menjaga keanekaragaman ikan khususnya pada ekosistem laut agar tetap terjaga dan dinikmati oleh para nelayan hingga kapanpun. Sebab jika air laut tercermar maka nelayan kehilangan mata pencarian.

Abdul Aziz pun berharap Hugua bisa terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara di 2024. Dengan begitu, nelayan di Sulawesi Tenggara bisa semakin makmur dengan program yang dibuat oleh Hugua.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kami akan menyampaikan kepada para nelayan di sini agar bisa mengetahui kepemimpinan Bapak Hugua karena beliau sangat peduli terhadap nelayan yang ada di Sulawesi Tenggara," tutupnya. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga