Masyarakat Pilih Ayam sebagai Pengganti Daging Sapi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Masyarakat Pilih Ayam sebagai Pengganti Daging Sapi
Masyarakat Kolaka Timur lebih pilih daging ayam untuk menggantikan daging sapi yang harganya naik. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" H-1 Idul Adha ratusan masyarakat padati Pasar Ladongi dan rela mengantre untuk membeli ayam potong guna mengganti daging sapi yang harganya naik "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Jelang hari raya Idul Adha, pedagang ayam potong di Pasar Ladongi Kolaka Timur diserbu ratusan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

H-1 Idul Adha ratusan masyarakat padati Pasar Ladongi dan rela mengantre untuk membeli ayam potong guna mengganti daging sapi yang harganya naik.

Sherly Purnama, salah satu pembeli mengatakan, dirinya membeli daging sapi hanya sedikit karena harganya yang lumayan mahal, sehingga dia menyiapkan daging ayam sebagai daging pendamping saat Idul Adha besok.

Baca Juga: Majelis Hakim Vonis Bebas Terdakwa Kasus Korupsi Mantan Kadis PUPR Kolaka Timur

"Mahal daging sapi, tadi di dalam harganya Rp 165.000, jadi saya beli daging ayam untuk tambahi ini daging sapi," jelasnya.

Sementara itu, Endang salah satu penjual ayam potong di pasar mengungkap harga ayam potong jelang Idul Adha juga mengalami kenaikan untuk ayam yang ukurannya besar sekarang harganya Rp 85.000 - Rp 90.000.

Ia juga mengatakan harga ayam potong bisanya dijual dengan harga Rp 55.000 - Rp 65.000. Kenaikan harga ini dipicu karena harga daging sapi dan bahan-bahan yang lain juga naik jelang Idul Adha.

"Tapi jelang lebaran besok banyak pembeli ini, sudah ada mungkin 100 ekor lebih ayam sudah laku," katanya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Luncurkan Gerakan Pangan Murah

Di tempat berbeda, Ical penjual daging sapi mengatakan, untuk penjualan daging sapi mengalami peningkatan, bisanya kalau hari biasa dia hanya menjual 5-10 kilogram daging sapi, tetapi hari ini sudah laku 20 kilogram, padahal masih pagi.

Ia juga menuturkan, harga daging sapi untuk saat ini memang mengalami peningkatan hingga Rp 165.000 dari yang sebelumnya Rp 130.000 - Rp 140.000

"Tapi walau naik tetap banyak yang beli karena besok mau lebaran," singkatnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga