Masyarakat Wolasi Konawe Selatan Ubah Rotan jadi Barang Bernilai Ekonomis

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Masyarakat Wolasi Konawe Selatan Ubah Rotan jadi Barang Bernilai Ekonomis
Sejumlah kerajinan rotan masyarakat Konawe Selatan yang paling diminati konsumen. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Konawe Selatan merupakan sebuah kabupaten yang banyak memiliki potensi ekonomis, terutama dari sektor kehutanan, salah satunya adalah komoditi rotan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Konawe Selatan merupakan sebuah kabupaten yang  banyak memiliki potensi ekonomis, terutama dari sektor kehutanan, salah satunya adalah komoditi rotan.

Rotan merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu (HHBK), yang berperan penting dalam ekonomi Indonesia, termasuk di Konawe Selatan, selain nilai ekonomi, rotan juga menjadi salah satu indikator kesehatan ekologi hutan.

Dengan melimpahnya hasil hutan satu ini, masyarakat khususnya di Desa Lelekaa, Kecamatan Wolasi, memanfaatkan tumbuhan ini agar bisa menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Rotan sering kali di ulat sedemikian rupa agar membentuk sesuatu yang indah sesuai pesanan dan kebutuhan pasar, biasa berupa kursi, meja, sarang burung, dan lain sebagainya

Baca Juga: Diterkam Buaya, Warga Konawe Selatan Ditemukan Tewas

"Kami di sini tergantung permintaan konsumen, biasanya mereka minta yang ukurannya dibesarkan atau dikecilkan, kadang ada juga permintaan yang aneh dari konsumen dan kita coba sanggupi saja," ungkap seorang pengrajin rotan, Mario, Senin (10/7/2013).

Dengan lokasinya yang merupakan salah satu jalur penghubung antara Kota Kendari dan Konawe Selatan, maka masyarakat pengrajin memamerkan dagangannya di pinggir jalan agar para konsumen yang dari arah Kendari menuju Konawe Selatam atau sebaliknya bisa tertarik dengan hasil kerajinan mereka.

"Biasanya penumpang yang menuju Kendari dari Konawe Selatan sekali lewat mereka hanya sekedar lihat dahulu, tapi nanti saat mereka kembali lagi dari Kendari menuju Konawe Selatan, biasanya di situ mereka mulai tertarik dan singgah untuk tanya harga," ujar Mario.

Kerajinan rotan ini juga salah satu keunikannya adalah kekuatan dan bobotnya yang tidak berat, jadi mudah untuk digeser dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Baca Juga: Politik Santun Golkar Konawe Selatan, Strategi Raup Suara Sebanyak-banyaknya

"Saya sudah dua kali beli di sini, yah kebetulan rumah saya di Kendari perumahan yang sempit, jadi saya pakai bahan begini biar bisa saya pindah pindahkan di saat-saat tertentu," ungkap Sinta, konsumen kerajinan rotan tersebut.

Beberapa kerajinan yang paling laris dan diminati konsumen adalah tempat tidur santai, kursi dan meja. Ini menunjukkan, kerajinan rotan masih menjadi pilihan masyarakat untuk menjadi salah satu alat rumah tangga.

Diharapkan ke depannya ada beberapa event yang melirik kerajinan rotan agar dapat dilirik oleh masyarakat luas. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga