Mendesak, Ini Kebutuhan Paling Dibutuhkan Pengungsi Semeru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
0 dilihat
Mendesak, Ini Kebutuhan Paling Dibutuhkan Pengungsi Semeru
Presiden Jokowi meninjau posko pengungsian yang terletak di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jatim, Selasa (7/12/2021) lalu. Foto: Dok. BPMI Setpres

" Korban letusan Semeru saat ini sangat membutuhkan alat-alat kebersihan, peralatan tidur, perlengkapan mandi serta pakaian dalam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Letusan Gunung Semeru menjadi perhatian nasional. Berbagai pihak pun turut membantu korban yang saat ini sedang mengungsi.

Melansir okezone.com, Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Kolonel Inf Irwan Subekti mengungkapkan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para pengungsi saat ini.

Di antaranya kebutuhan yang mendesak saat ini adalah tandon air, air bersih termasuk alat-alat kebersihan, peralatan tidur termasuk kasur, perlengkapan mandi termasuk pakaian dalam untuk laki-laki dan perempuan ukuran besar, termasuk pakaian dalam ibu-ibu.

"Itu yang sangat kita harapkan apabila ada saudara-saudara yang akan memberikan bantuan," ujar Irwan dalam jumpa pers secara daring, Jumat (10/12/2021).

Untuk bantuan logistik, kata Irwan, pihaknya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang ikut bantu menyumbangkan. Karena stok bantuan logistik cukup banyak.

Karena sampai dengan saat ini, tim yang menerima bantuan logistik sangat banyak sekali dan merupakan atensi sangat baik dalam penanganan bencana ini.

Baca Juga: Potret Kesederhanaan Rumini, Korban Semeru yang Ditemukan Tewas Memeluk Ibunya

Irwan juga mengungkapkan, jumlah pengungsi sebanyak 6.573 orang. Jumlah titik pengungsian sampai saat ini 126 titik dengan rincian, 24 titik pengungsian yang terpusat dan 102 pengungsian yang menyebar atau mandiri.

"Sementara untuk kerugian materil sampai saat ini sejumlah 2.970 unit rumah, kemudian 33 unit fasilitas umum yang salah satu di antaranya adalah putusnya geladak perak," ungkapnya.

Baca Juga: Akses Jalan Tertutup Pasir dan Tanah, SAR Temukan 4 Mayat Korban Letusan Semeru

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12/2021) tepatnya pukul 15.20 WIB.

Sebelum letusan terjadi, Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memang sudah berada di level Waspada. Sejarah erupsi Semeru pun terjadi cukup lama. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga