Mengenal Dekat Wisata Pendidikan Taman Laut Bintang Samudra

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
Mengenal Dekat Wisata Pendidikan Taman Laut Bintang Samudra
Gambar dari puncak taman wisata pendidikan laut Bintang Samudra. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Wisata Bintang Samudra (BS) yang ramai dikunjungi oleh pelancong lokal maupun luar daerah pada libur tahun baru ini, menawarkan keindahan alam dan wisata bawah air "

KONAWE, TELISIK.ID - Wisata Bintang Samudra (BS) yang ramai dikunjungi oleh pelancong lokal maupun luar daerah pada libur tahun baru ini, menawarkan keindahan alam dan wisata bawah air.

Permandian yang sejak lama sudah berdiri di Desa Sawapudo, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe dan hanya berjarak sekitar 30 menit dari Kota Kendari ini bertujuan untuk menjadi wisata pendidikan taman laut di Sulawesi Tenggara.

Alimudin, salah seorang staf BS mengatakan, wisata ini sangat nyaman dikunjungi karena dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, musholla, gazebo, villa, aula pertemuan dan lain-lain.

"Untuk fasilitas kita ada gazebo, WC, aula, kemudian musholla, villa-villa, yang jelas jumlahnya lebih dari mencukupi untuk wisata keluarga dan kegiatan-kegiatan besar untuk kantor atau kampus," katanya, saat ditemui di pos jaga, Minggu (7/1/2014)

Baca Juga: Laporan Kinerja 100 Hari Pj Bupati Konawe Diterima Kemendagri RI

Selain itu ada juga peralatan selam yang kami sewakan untuk snorkling atau diving," tambahnya.

Lebih menariknya lagi, selain peralatan selam, seluruh fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis, cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 10 ribu perorang.

"Kalau misalkan kita bandingkan dengan tempat wisata yang lain, di sini lebih low budget karena hanya bayar uang masuk Rp 10 ribu sisanya bebas gratis. Gazebo tinggal pilih mau pakai yang mana, wc, air sepuasnya. Hanya memang ada pengecualian untuk villa dan aula kalau kegiatan besar, kan itu menginap jadi Rp 20 ribu karena listrik dan untuk orang yang jaga malam," kata Henri Maulana, salah satu staf BS lainnya.

Sementara itu, Asrul Jati, staf lain yang juga hadir saat wawancara berlangsung, menambahkan, rata-rata orang liburan mencari pantai untuk anak-anak kecil mereka. Sehingga kekurangan untuk wisata BS ini tidak dianjurkan untuk keluarga yang membawa balita, karena merupakan tempat wisata selam.

Baca Juga: Laporan 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe Bakal Disampaikan ke Kemendagri

"Rata-rata orang liburan ke pantai kan keluarga bawa anak-anaknya. Di sini tidak ada pasir-pasirnya dan langsung tempat dalam. Jadi pure diving. Ada area yang berpasir seperti pantai tapi tidak luas. Boleh membawa anak-anak kalau hanya untuk menikmati pemandangan alam tapi mesti diawasi dengan ketat," tambahnya.

Salah satu pengunjung BS asal Konawe Utara, Sidik Amin mengatakan, sudah sangat sering berkunjung ke tempat wisata ini. Bagi dia, tak bosan berkunjung, terlebih BS yang saat ini lebih banyak pembangunan area taman sehingga lebih nyaman untuk dinikmati.

"Jadi kita ini dengan teman-teman yang lain datang jauh-jauh dari Konut tapi saya pribadi sudah sering sekali mi datang di sini dan tidak pernah bosan karena tenang. Kalau datang pasti selalunya camp,  nyaman juga ditempati lama-lama, apalagi kita liat ini ada lagi perluasan di ujung. Jadi pasti akan tambah bagus nanti," ungkapnya.

Saat Telisik.id mencoba untuk melakukan wawancara dengan pemilik BS, Baru Sadarun, ia saat ini masih berada di luar kota. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga