adplus-dvertising

Mengenal Lebih Dekat Sang Produser Ternama Mira Lesmana

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 14 November 2021
442 dilihat
Mengenal Lebih Dekat Sang Produser Ternama Mira Lesmana
Sosok Mira Lesmana. Foto: Repro tabloidbintang.com

" Mendengar namanya, tentu sudah tak asing bagi kita, Mira Lesmana adalah sosok kuat yang berada di balik sejumlah perfilman indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mendengar namanya, tentu sudah tak asing bagi kita, Mira Lesmana adalah sosok kuat yang berada di balik sejumlah perfilman indonesia.

Dikutip dari id.m.wikipedia.org, Mira Lesmanawati (Lahir 8 Agustus 1964) adalah seorang produser Indonesia dan termasuk sineas yang "menghidupkan kembali" perfilman Indonesia pada tahun 2000-an.

Ia adalah putri dari musikus jazz legendaris Indonesia, Jack Lesmana dan penyanyi Indonesia, Nien Lesmana sekaligus kakak dari musikus jazz Indonesia, Indra Lesmana.


Dilansir dari cnnindonesia.com, Mira membangun reputasi bukan karena keistimewaan sebagai anak dari pasangan musisi terkenal Indonesia, Nien dan Jack Lesmana. Mira mengaku memulai semuanya nyaris tiga dekade lalu dengan "modal dengkul".

Ia berani berdiri untuk dirinya sendiri dengan memilih jalur film ketika ayahnya sudah mencekoki dirinya dengan piano sebagai 'pewaris' musik Lesmana.

Star Wars dan Tjoet Nja Dhien adalah sejumlah film yang membuat Mira Lesmana yakin menutup fallboard piano dan mengangkat kamera serta menulis naskah.

Keberanian Mira Lesmana untuk bereksperimen akan kehidupannya juga muncul ketika ia memilih profesi sebagai produser, ketika seluruh guru juga teman-temannya menilai ia memiliki bakat gemilang sebagai sutradara.

Posisi produser tidaklah mudah dalam sebuah proyek film. Ia bukan hanya sebagai pihak yang bertanggung jawab atas ketersediaan dana produksi, namun juga penentu juga penjaga spirit film yang dihasilkan bersama sutradara, hingga otak di balik taktik menarik penonton.

Baca Juga: Kisah La Karambau Pahlawan Nasional dari Sultra

Seorang produser pula yang mesti bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan proyek film kepada investor. Jelas, sebuah proyeksi film panjang untuk skala industri tidak bisa dihasilkan modal receh.

Segala beban itu berani ditanggung Mira Lesmana, di tengah perannya sebagai seorang istri juga ibu dari dua anak.

Hasilnya? Mira Lesmana berhasil menghasilkan sejumlah film ikonis dalam sejarah film Indonesia.

Bukan hanya itu, keberadaan Mira Lesmana sebagai bagian dari gelombang baru film Indonesia dan menarik penonton kembali ke bioskop usai perfilman 'mati suri' adalah sejarah tersendiri.

Mira Lesmana juga menjadi bagian dari perjuangan membebaskan film dari belenggu sensor sewenang-wenang.

Meski ia kalah karena permohonan judicial review soal penyensoran dalam UU Film ditolak Mahkamah Konstitusi pada 2008 lalu, toh suara-suara menolak penyunatan film atas nama kebebasan berpendapat juga berekspresi masih tetap ada hingga kini.

Baca Juga: Mengenal Dekat Asma Nadia: Sosok Penulis Wanita Indonesia Penuh Karya

Mira memang bukan superhero. Film-filmnya juga lebih banyak yang tak dikenal dan minim penonton dibanding yang sukses besar. Mira mengakui, hanya 7 dari 17 film yang sudah dihasilkan Miles Film terbilang mencapai rekor box office.

Namun Mira Lesmana tak menyerah. Ia tetap menghasilkan film-film dengan ciri khasnya, dengan idealismenya, melawan arus, dan sisanya ia serahkan kepada penonton dan semesta.

Terbaru, Mira dan Riri membuat film thriller bertajuk Paranoia yang tak ada keterkaitannya dengan hantu-hantuan. Sebuah keputusan berani ketika penonton Indonesia identik sebagai penggemar film setan dan dirilis di masa pandemi. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga