Mengenal Negara Muslim Chechnya yang Pasukannya Siap Bunuh Presiden Ukraina

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
Mengenal Negara Muslim Chechnya yang Pasukannya Siap Bunuh Presiden Ukraina
Adat berpakaian di Chechnya yang mayoritas beragama Islam. Foto: Tempo.co

" Chechnya adalah republik otonom bagian federasi Rusia yang letaknya di barat daya negara Rusia "

MOSKOW, TELISIK.ID - Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov tengah menjadi sorotan setelah mendesak Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk tunduk pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, Kabarnya, Ramzan Kadyrov juga mengirimkan pasukannya ke Ukraina untuk membantu Rusia. Bagi sebagian orang, negara Chechnya mungkin masih terdengar asing di telinga. Tak sedikit pula orang-orang yang mencari fakta menarik seputar negara Chechnya.

Chechnya adalah republik otonom bagian federasi Rusia yang letaknya di barat daya negara Rusia. Fakta menarik dari negara ini memiliki sejarah yang panjang dalam memperoleh kemerdekaannya, lantaran banyaknya invasi dari pihak yang merasa berkepentingan.

Suku Chenchen sebagai penduduk asli wilayah tersebut bersikukuh ingin mempertahankan wilayah mereka. Hingga akhirnya tahun 1993 diberikanlah kemerdekaannya oleh tangan Rusia.

Baca Juga: Bukan Hanya Nuklir, Ternyata Rusia Gudangnya Wanita Cantik

Baca Juga: Militer Ukraina Olesi Peluru Pakai Lemak Babi untuk Lawan Tentara Muslim Chechnya

Salah satu fakta menarik, Grozny misalnya, yaitu salah satu kota yang terdapat di Chechnya pada mulanya luluh lantak akibat serangan berkepanjangan dari pihak Rusia. Bahkan oleh PBB disebut sebagai kota yang paling hancur di dunia.

Melansir Tempo.co, wilayah Chechnya boleh dibilang mungil, yakni hanya 12.300 km persegi. Populasi Chechnya kurang dari 2 juta jiwa, dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Tulang punggung perekonomian Chechnya adalah minyak bumi dan pengeboran (minyak) yang umumnya dilakukan di lembah Sunzha River, yang terletak antara Grozny dan Gudermes. Minyak bumi banyak berada di Grozny, ada pula sejumlah pipa yang menghubungkan Laut Caspia dengan Makhachkala lalu ke Laut Hitam di Tuapse. Chechnya juga punya gas alam. Sedangkan pertanian di Chechnya, umumnya terletak di lembah Tarek dan Sunzha. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga