Mengenal Sosok Vladimir Putin, Presiden Rusia yang Kini Menyerang Ukraina

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 08 Maret 2022
0 dilihat
Mengenal Sosok Vladimir Putin, Presiden Rusia yang Kini Menyerang Ukraina
Vladimir Putin, Presiden Rusia. Foto: Repro Reuters

" Sebelum jadi penguasa, Vladimir Putin adalah mantan perwira intelijen Rusia (KGB) selama 15 tahun "

MOSKOW, TELISIK.ID - Sosok Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia kini menjadi sorotan masyarakat dunia. Namanya pun kerap diperbincangkan.

Mengutip wikipedia.org, Vladimir Putin merupakan presiden dengan masa jabatan terlama kedua di Eropa setelah Alexander Lukashenko yang merupakan Presiden Belarus. Putin telah menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012.

Vladimir Putin jadi perbincangan seiring dengan Rusia melakukan invasi ke Ukraina, pada beberapa hari terakhir ini. Alhasil, banyak orang penasaran dari profil dan latar belakang orang nomor satu di Rusia ini.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut profil lengkap Presiden Rusia, Vladimir Putin:

Vladimir Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di Leningrad, Uni Soviet yang sekarang dikenal sebagai St. Petersburg, Rusia.

Sebelum jadi penguasa, Vladimir Putin adalah mantan perwira intelijen Rusia (KGB) selama 15 tahun.

Dia juga pernah menjadi Perdana Menteri Rusia sejak 1999 hingga 2000 dan kembali menduduki posisi itu dari 2008 hingga 2012. Selanjutnya, ia menjadi Presiden Rusia sejak tahun 2000 sampai 2008. Ia menduduki kembali jabatan itu sejak 2012 hingga saat ini.

Profil Vladimir Putin dikenal sebagai presiden yang berkuasa namun tak banyak yang tahu jika kakeknya yang bernama Spiridon Putin adalah juru masak pribadi Vladimir Lenin dan Joseph Stalin. 

Putin pernah mengenang, "Saya berasal dari keluarga biasa dan beginilah cara saya hidup untuk waktu yang lama, hampir sepanjang hidup. Saya hidup sebagai orang biasa, orang normal dan saya selalu menjaga hubungan itu."

"Kami hidup sederhana – sup kubis, irisan daging, panekuk, tapi pada hari Minggu dan hari libur, ibu saya akan membuat roti isi yang sangat lezat [pirozhki] dengan kubis, daging, dan nasi dan kue tar [vatrushki]."

Baca Juga: Penyebar Foto Mayat Tangmo Nida Bisa Kena Denda, Ini Alasannya

Ibunya bernama Maria Ivanovna Putina dan bekerja di pabrik sedangkan ayahnya, Vladimir Spiridonovich Putin adalah seorang wajib militer di Angkatan Laut Soviet. Dia bertugas di armada kapal selam pada awal 1930-an. 

Ayahnya juga bertugas di batalion penghancuran NKVD di awal Perang Dunia II. Kemudian, ia dipindahkan ke tentara reguler dan pada tahun 1942, terluka parah.

Riwayat Pendidikan Vladimir Putin 

Setelah perang, keluarga Putin pindah ke sebuah kamar di apartemen komunal di rumah tinggal khas ST Petersburg di Baskov Lane. Ia bersekolah di Sekolah Dasar No. 193 di Leningrad pada tahun 1960-1968. 

Setelah kelas delapan, Putin melanjutkan di SMA No. 281 yang fokus mempelajari kimia di bawah naungan institut teknologi dan Putin menyelesaikan studinya di sana pada tahun 1970.

Pada tahun 1975, Putin menyelesaikan studinya dengan tesis tentang "Prinsip Perdagangan Bangsa yang Paling Disukai dalam Hukum Internasional".

Perjalanan Karier Vladimir Putin 

Vladimir Putin kemudian menikahi Lyudmila Shkrebneva dan memiliki dua putri, Mariya dan Katerina. Ia menjabat perwira intelijen asing untuk KGB selama 15 tahun, termasuk enam tahun di Dresden, Jerman Timur. 

Putin pensiun dari dinas aktif KGB tahun 1990 dengan pangkat letnan kolonel dan kembali ke Rusia untuk menjadi pelindung Universitas Negeri Leningrad dan bertanggung jawab atas hubungan eksternal lembaga tersebut. 

Dia kemudian menjadi penasihat Sobchak, Wali Kota St. Petersburg yang terpilih secara demokratis pertama. Dia mendapatkan kepercayaan dari Sobchak dan dikenal karena kemampuannya untuk menyelesaikan sesuatu. 

Baca Juga: Zelenskiy Sebut NATO Lemah hingga Marahi Amerika: Anda Ingin Ukraina Dibunuh Pelan-Pelan

Dia naik ke jabatan wakil wali kota pertama pada tahun 1994 lalu pindah ke Moskow tahun 1996 dan bergabung dengan staf kepresidenan sebagai wakil Pavel Borodin, kepala administrator Kremlin.

Dia tumbuh dekat dengan sesama Leningrader Anatoly Chubais dan pindah ke posisi administratif. 

Pres. Boris Yeltsin mengangkat Putin sebagai direktur Layanan Keamanan Federal pada Juli 1998. Ia lalu jadi sekretaris Dewan Keamanan yang berpengaruh. Pada tahun 1999, Yeltsin menunjuk Putin sebagai Perdana Menteri.

Sebenarnya, Putin tak terlalu dikenal publik. Peringkat persetujuannya melonjak ketika dia meluncurkan operasi militer yang terorganisir dengan baik melawan pemberontak yang memisahkan diri di Chechnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga