Mengenal Susu Kecoa yang Disebut Tiga Kali Lebih Bergizi dari Susu Sapi

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
0 dilihat
Mengenal Susu Kecoa yang Disebut Tiga Kali Lebih Bergizi dari Susu Sapi
Kecoa jenis Diploptera Punctata atau Kecoa Kumbang Pasifik dianggap bisa menjadi super food atau jenis makanan yang kaya nutrisi tinggi untuk tubuh. Foto: Repro detik.com

" Beberapa ilmuwan menilai bahwa kecoa dapat menjadi bahan baku susu yang mempunyai gizi yang tinggi dan dipercaya dapat menjadi makanan masa depan "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak tahu dengan hewan kecil satu ini, kecoa. Selama ini kecoa seringkali dianggap sebagai hewan yang menjijikkan bagi kebanyakan masyarakat, baik karena bentuknya maupun karena warnanya.

Namun tahukah kamu? ternyata beberapa ilmuwan menilai bahwa hewan kecil tersebut dapat menjadi bahan baku susu yang mempunyai gizi yang tinggi dan dipercaya dapat menjadi makanan masa depan.

Mengutip dari tirto.com Rabu (25/5/2022), jenis kecoa yang dimaksud adalah kumbang fisik yang di mana merupakan spesies serangga asli Hawaii. Berbeda dengan jenis kecoa pada umumnya, hewan ini tidak bertelur, melainkan melahirkan. Oleh karena itu, Kecoa Kumbang Pasifik juga menghasilkan susu untuk anak-anaknya yang baru lahir.

Susu kecoa berpotensi menjadi minuman bergizi tinggi. Susu yang dihasilkan kecoa jenis Diploptera Punctata atau Kecoa Kumbang Pasifik itu bahkan dianggap bisa menjadi super food atau jenis makanan yang kaya nutrisi tinggi untuk tubuh.

Diploptera punctata umumnya melahirkan sekitar 12 ekor anak setiap 2-3 minggu. Anak-anak Kecoa Kumbang Pasifik itu diberi makanan dalam bentuk cairan berwarna kuning yang dihasilkan oleh rahim induknya.

Baca Juga: Efek Terlalu Sering Keramas Dapat Rusak Kesehatan Rambut

“Namun, di dalam usus anak-anak kecoa tersebut, cairan kuning itu berubah menjadi kristal-kristal yang bisa dicerna untuk waktu lama sampai mereka bisa mencari makanan sendiri," kata Profesor Barbara Stay dari Universitas Iowa, seperti dilansir VOA.

Sementara itu, dilansir dari kompas.com, sebelumnya sebuah tim periset yang dipimpin oleh pakar kimia Subramaniam Ramaswammy di Bangalore, India, telah mempelajari komposisi kristal-kristal yang ditemukan dalam perut anak kecoa itu.

“Kami mendapati bahwa susu kecoa ini tiga kali lebih tinggi nilai kalorinya dibanding susu kerbau, yang selama ini dianggap paling tinggi kandungan protein dan kalorinya,” kata Ramaswammy memaparkan hasil penelitian.

"Protein di dalamnya juga mengandung semua asam amino esensial," tambahnya.

Sayangnya, susu kecoa ini sangat sulit didapatkan. Selain fakta bahwa kecoa mati saat proses mengeluarkan cairan, dibutuhkan banyak kecoa hanya untuk membuat satu gelas susu saja.

Baca Juga: Waspada, Ini 13 Gejala Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Tapi, itu tidak menghentikan beberapa perusahaan untuk memproduksinya. Salah satunya yakni perusahaan asal Afrika Selatan, Gourmet Grubb, bahkan telah menjual es krim imitasi dari "entomilk".

Entomilk merupakan cairan menyerupai susu yang terbuat dari serangga yang dibudidayakan secara berkelanjutan.

Menurut perusahaan tersebut, entomilk bisa menjadi alternatif susu yang berkelanjutan, bergizi, bebas laktosa, lezat.

Selain itu, minuman ini juga ramah lingkungan. Gourmet Grubb mengatakan, entomilk memiliki kandungan protein yang tinggi dan kaya akan zat besi, seng, dan kalsium.

Namun banyak pakar yang mengatakan, masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk memenuhi semua nutrisi yang kita butuhkan.

"Saat ini sangat sedikit penelitian yang mendukung temuan ini, dan itu adalah konsep yang sangat aneh," papar Rhiannin Lambert, pakar nutrisi dari London.

Bagaimana? Berani coba susu kecoa? (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga