adplus-dvertising

Mengidap Leukemia, Balita Alifa Butuh Uluran Tangan

Nuhruddin, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
1075 dilihat
Mengidap Leukemia, Balita Alifa Butuh Uluran Tangan
Kondisi Alifa yang menderita leukemia dan dirawat di RS Bahterahmas, Gedung Lambu Barakati. Foto: Nuhruddin/Telisik

" Alifa mengidap leukemia dan harus segera dirujuk ke Makassar untuk perawatan yang maksimal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Senyumnya semakin jarang terlihat. Alifa, bayi berumur 1 tahun 8 bulan itu lebih banyak merengek sebab mengidap leukemia.

Akibatnya Alifa harus dirawat di Rumah Sakit Bahteramas dan harus segera dioperasi guna kesembuhannya.

Menurut keterangan Rahman, ayah kandung Alifa, awalnya Alifa mengalami pembengkakan gusi sebab giginya akan tumbuh, dua bulan lalu. Tetapi lama-kelamaan pembengkakan mulai menjalar sampai kepala, mata dan perutnya.


Melihat keadaan anaknya yang semakin parah, ia segera melarikan anaknya ke Rumah Sakit  Bahteramas untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan pada Sabtu (25/9/2021) lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan, menurut diagnosa dokter, Alifa mengidap leukemia dan harus segera dirujuk ke Makassar untuk perawatan yang maksimal.

"Awalnya anak saya itu sakit akibat ada pembengkakan gusi, giginya mau tumbuh. Setelah itu, perlahan-lahan pembengkakan naik sampai di kepala sampai di pinggi-pinggir matanya," kata ayah Alifa, Rahman, kepada Telisik.id saat ditemui di Rumah Sakit Bahteramas, Rabu (29/9/2021).

"Kata dokter anak saya terkena leukimia. Jadi harus secepatnya ke Makassar," tambahnya.

Baca juga: Tak Ingin Harap Iba, Nenek Ini Rela Jualan Sayur hingga Malam

Baca juga: Kisah Siswa SMP di Kendari, Dalam Dekapan Malam dan Bak Sampah

Rahman mengatakan, anaknya kini lebih banyak berbaring dan merengek. Bahkan menurut pengamatannya, Alifa harus bernafas melalui mulut akibat pembengkakan.

"Dia bernafas lewat mulutnya. Jadi pada saat dia menyusu, dia harus beristirahat sejenak dulu," jelas Rahman sedih.

Meski harus dirujuk ke Makassar, sampai hari ini Alifa belum dibawa ke Makassar karena terkendala biaya perjalanan dan perawatan.

"Kalau seandainya saya orang mampu, ini hari anak saya terkena leukemia, ini hari juga saya bawa ke Makassar. Hanya karena kasihan saya tidak punya biaya, ya mau diapa," kata Rahman.

Rahman mengaku belum tahu pasti berapa biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan anaknya.

Atas kejadian ini, Rahman dan Siska, orang tua Alifa membutuhkan uluran tangan untuk membawa Alifa ke Makassar guna menjalani perawatan.

"Harapan saya semoga ada biaya, supaya cepat saya bawa anak saya ke Makassar, supaya cepat sembuh," harap Siska, ibunda Alifa.

Untuk diketahui, Alifa sampai saat ini masih dirawat di RS Bahteramas di Gedung Lambu Barakati lantai dua. Jika ada yang ingin membantu, dapat menghubungi Rahman di nomor kontak 085283723533. (B)

Reporter: Nuhruddin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga