Mengulik Fakta Chip Neuralink: Penemuan Elon Musk Terobosan atau Gimmick

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Mengulik Fakta Chip Neuralink: Penemuan Elon Musk Terobosan atau Gimmick
Niat Elon Musk mengembangkan chip neuralink pada otak manusia, mengundang kontroversi. Uji coba yang dilakukan pada beberapa monyet dan babi dianggap gagal. Foto: Repro Scroll.in

" Beberapa monyet yang dilengkapi dengan perangkat Neuralink diduga mengalami muntah dan kelelahan yang ekstrem, stres, hingga memutilasi diri sendiri "

AMERIKA SERIKAT, TELISIK.ID - Beberapa minggu ini, manusia dihebohkan dengan kelakuan CEO dari SpaceX dan Tesla, Elon Musk, yang mendemonstrasikan proses penyambungan antara otak (chip) dengan komputer lewat sebuah prototipe alat penghubung yang dikembangkan oleh perusahaan miliknya yang bernama neuralink.

Dilansir dari Kompas.com dan Disrupto.co.id, berikut ini fakta penemuan Elon Musk, antara lain:

1. Kelompok hak asasi hewan menuding Elon Musk lakukan penyiksaan hewan

Kelompok hak asasi hewan dari Komite Dokter untuk pengobatan bertanggung jawab (PCRM) melaporkan kepada Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengenai dugaan adanya penyiksaan terhadap monyet uji coba penelitian neuralink di Pusat Primata Universitas Davis California.

2. Penanaman chip bukan terobosan baru

Baca Juga: Pengemis di Negara Ini Raup Keuntungan Rp 1 Miliar Sebulan, Panen saat Jumat

MIT Tech Review melaporkan bahwa penggunaan alat pada babi dengan menggunakan teknologi lama yang telah berusia puluhan tahun. Dalam demonstrasi tersebut, mesin memainkan bunyi-bunyian sebagai tanda bahwa alat tersebut merekam sinyal otak. Sayangnya, percobaan semacam ini bukanlah terobosan baru karena telah dilakukan oleh ilmuwan pada manusia di laboratorium sejak 1920.

3. Hasil uji coba pada beberapa monyet, penanaman chip menyebabkan kematian

Baca Juga: Aplikasi Desain Parfum yang Sesuai dengan Karaktermu

PCRM menyebutkan sekitar 15 monyet yang ditanam dengan chip neuralink, otakmya mati selama uji coba, meskipun perusahaan mengatakan hanya delapan yang disuntik mati atau eutanasia.

Beberapa monyet yang dilengkapi dengan perangkat Neuralink diduga mengalami muntah dan kelelahan yang ekstrem, stres, hingga memutilasi diri sendiri, sedangkan monyet lainnya dilaporkan mengalami infeksi setelah perangkat dibor ke kepala. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga