Mengulik Lemahnya Lini Pertahanan Indonesia di Piala Asia 2023, Sanggup Lawan Vietnam?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 17 Januari 2024
0 dilihat
Mengulik Lemahnya Lini Pertahanan Indonesia di Piala Asia 2023, Sanggup Lawan Vietnam?
Marcelino Ferdinan (tengah) berselebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Irak, laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). Foto: Harianjogja.com

" Pertahanan Timnas Indonesia kini jadi perhatian usai kalah melawan Irak pada matchday 1 Grup D Piala Asia 2023. Sektor belakang skuad Garuda makin terlihat rapuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Pertahanan Timnas Indonesia kini jadi perhatian usai kalah melawan Irak pada matchday 1 Grup D Piala Asia 2023. Sektor belakang skuad Garuda makin terlihat rapuh.

Timnas Indonesia membuka kampanye mereka di Grup D Piala Asia 2023 dengan kekalahan 1-3 lawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (16/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia sempat mengejutkan setelah menyamakan kedudukan lewat gol Marselino Ferdinan pada menit ke-37. Namun, setelah itu skuad Garuda kecolongan gol di akhir babak pertama dan di pertengahan babak kedua yang membuat Irak menang 3-1, seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id

Saat melawan Irak, Timnas Indonesia memainkan formasi tiga bek tengah. Namun hal tersebut masih belum terbukti ampuh. Shin Tae Yong memainkan Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott sebagai trio bek tengah. Mereka juga masih disokong oleh Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan yang berperan sebagai full back.

Baca Juga: Head to Head dan Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Irak Piala Asia 2023

Namun komposisi itu ternyata belum cukup kuat mengadang serangan-serangan Irak. Lini belakang Timnas Indonesia masih keropos dan bisa dengan mudah ditembus lawan.

Timnas Indonesia harus segera memperbaiki formasi susunan pemain. Sebab, pada Jumat (19/1/2024), Tim Merah Putih akan menghadapi rival lama dari Asia Tenggara, Timnas Vietnam.

Baca Juga: Jadwal dan Prediksi Piala Asia 2023: Indonesia vs Libya

Pertandingan antara Timnas Vietnam melawan Timnas Indonesia itu akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar. Menariknya, skuad asuhan Philippe Troussier tampak lebih diuntungkan dalam menyambut laga ini.

Timnas Vietnam menjalani laga perdana Grup D melawan Timnas Jepang pada Minggu (14/1/2024). Artinya, tim berjulukan The Golden Stars itu memiliki waktu istirahat satu hari lebih banyak ketimbang Timnas Indonesia seperti dikutip dari Bola.com. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga