Menkominfo Johnny Plate Cium Jasad Ayah saat Tiba di Rumah Duka

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 26 Maret 2023
0 dilihat
Menkominfo Johnny Plate Cium Jasad Ayah saat Tiba di Rumah Duka
Menkominfo, Johnny Plate tiba di rumah duka ayahnya di Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Foto: Berto Davids/Telisik

" Cuaca di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur siang itu panas menjelang kedatangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny Plate dan keluarga di rumah duka ayahnya Paulus Plate "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Cuaca di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur siang itu panas menjelang kedatangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny Plate dan keluarga di rumah duka ayahnya Paulus Plate, Minggu (26/3/2023).

Hiruk pikuk aktivitas pelayat di rumah duka mendadak hening. Keluarga besar Plate pun sedang bersiap menyambut kedatangan anak sulung almarhum Paulus Plate itu.

Menkominfo dan keluarga datang bersama adiknya Leksi Plate dari Jakarta menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat lalu terus ke rumah duka Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai. Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat juga turut serta dalam rombongan itu.

Baca Juga: Ayah Menkominfo Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun, Ini Riwayat Sakit Almarhum

Begitu turun dari mobil Menkominfo dan keluarga disambut Forkompimcam dan para pelayat.

Dari situ derap langkah mantan anggota DPR RI itu perlahan berjalan menuju tenda duka sambil menyapa para pelayat di tengah hiasan karangan bunga. Langkahnya pelan melewati karpet merah sebelum menyentuh peti jenazah.

Raut wajahnya pun terlihat berkaca-kaca saat ia menyentuh peti jenazah dan membuka kain kafan ayahnya.

Setelah menyentuh jasad Menkominfo pun berdoa dan mencium jasad sang ayah dengan penuh kesedihan. Sontak semua keluarga dan pelayat pun ikut bersedih.

Menkominfo langsung mengambil tempat di samping peti jenazah dan duduk bersama Bupati Manggarai Barat, Edi Endi dan istri.

"Sebentar baru saya beri keterangan yah. Lagi fokus urus kedukaan ini," kata Menkominfo menjawab wartawan yang hendak mewawancarainya.

Seperti diberitakan sebelumnya Paulus Plate, Ayah dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhoni Plate meninggal dunia pada Sabtu (25/3/2023) di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Almarhum Paulus meninggal setelah dirawat intens di Puskesmas Reo kurang lebih 5 hari. Paulus menghembuskan nafas terakhirnya di usia 89 tahun. Ia baru menginjak usia 90 tahun pada 6 Mei 2023 mendatang.

Kepergian putera kelahiran Sikka, 6 Mei 1933 itu meninggalkan 7 orang anak termasuk anak sulung Menkominfo RI, Jhonny Plate.

Menurut keterangan anak kandung, Heli Plate, sebelum meninggal almarhum memang mengalami riwayat infeksi tenggorokan. Selama sakit ia dirawat oleh anak dan keluarganya di rumah.

"Apalagi dulu bapa orangnya perokok. Selama infeksi bapa sulit sekali untuk menelan liur, tetapi puji tuhan ia masih bisa makan dan minum," ungkap Heli.

Baca Juga: Hasil Proyek BTS Diduga Tak Sesuai Laporan, Nasib Menkominfo Ditentukan Lewat Ini

Ia juga mengungkapkan, almarhum juga sempat jatuh di rumahnya pada September 2022 lalu saat hendak cuk listrik ke terminal. Namun ia masih bisa tertolong.

Setelah jatuh kata Heli, saban hari almarhum dirawat oleh anak dan keluarganya di rumah, dibantu oleh medis. Almarhum saat itu masih lancar makan dan minum.

"Baru sekitar 5 hari yang lalu kami antar bapa ke Puskesmas karena kondisinya sudah menurun," kata Heli.

Hingga siang ini situasi rumah duka terus dikunjungi pelayat dan informasinya almarhum akan disemayamkan di samping rumah, bersebelahan dengan makam istrinya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Baca Juga