Menteri Dalam Negeri Dijadwalkan Akan Resmikan Kantor Balai Kota Kendari

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Menteri Dalam Negeri Dijadwalkan Akan Resmikan Kantor Balai Kota Kendari
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (tengah) meninjau gedung Puskesmas Kandai bersama Kepala Dinas Kesehatan dan anggota DPRD Kota Kendari Ld Azhar. Foto: Ist.

" Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dijadwalkan akan meresmikan penggunaan kantor Balai Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dijadwalkan akan meresmikan penggunaan kantor Balai Kota Kendari pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari tanggal 12 Mei 2023.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, pada upacara HUT ke-192 Kota Kendari, inspektur upacara akan diisi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Selain meresmikan kantor Balai Kota Kendari, Mendagri juga akan meresmikan bangunan Puskesmas Kandai yang baru selesai dibangun.

"Setelah pelaksanaan upacara HUT Kota Kendari, akan dilanjutkan dengan peresmian Balai Kota Kendari dan Puskesmas Kandai serta penyerahan hak atas kekayaan intelektual dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersamaan dengan kabupaten kota lainnya di Sultra," ungkap Asmawa.

Selain itu, kata dia, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi usai upacara pelaksanaan HUT Kota Kendari, juga dijadwalkan bakal menyerahkan sejumlah bantuan untuk rumah ibadah yang ada di Kota Kendari.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Balai Kota Kendari Ditargetkan Rampung Sebelum Oktober 2022

Untuk memastikan kesiapan peresmian gedung Puskesmas Kandai di Kecamatan Kendari Barat, Rabu (26/4/2023), Pj Wali Kota Kendari didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Anggota DPRD Kota Kendari dan sejumlah kepala OPD mengunjungi Puskesmas Kandai.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum menjelaskan, pembangunan gedung Puskesmas Kandai seluruhnya sudah rampung, tinggal menunggu izin operasional layanan kesehatan.

"Sarana prasarana maupun alkes sudah pindah semua ke gedung baru, kita sementara dalam pengurusan izin operasional," katanya.

Baca Juga: Lapangan Futsal Balai Kota Kendari Digunakan, Pemkot Bertanding Lawan Wartawan

Untuk diketahui, Puskesmas Kandai dibangun menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 14 miliar. Puskesmas Kandai berada di Kecamatan Kendari, dibangun dua lantai di atas lahan seluas 1.242 m².

Bangunannya, terdiri dari ruangan rawat jalan, rawat inap, ruang gawat darurat, kebidanan dan penyakit kandungan, poli, farmasi, sterilisasi, laboratorium klinik, kantor administrasi, yang dilengkapi dengan dapur.

Selain melayani pasien warga Kota Kendari, puskesmas ini juga disediakan bagi pasien luar Kota Kendari, seperti Kabupaten Konawe dan Konawe Kepulauan.  (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga