Menyaksikan Keindahan Puncak Kahianga Pulau Tomia Wakatobi

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Menyaksikan Keindahan Puncak Kahianga Pulau Tomia Wakatobi
Ketika berada di puncak kahianga, pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut Pulau Tomia yang biru cerah dengan pepohonan rindang yang hijau dan sejuk dipandang mata. Foto: Repro Ig @julie.anaa

" Ketika berada di puncak kahianga, pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut Pulau Tomia yang biru cerah dengan pepohonan rindang yang hijau dan sejuk dipandang mata "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara, yang terkenal dengan potensi pariwisatanya. Wakatobi memiliki pesona bawah laut yang tidak diragukan lagi. Selain itu, Wakatobi juga memiliki puncak yang dikelilingi padang savana yang tak kalah indah dan diberi nama puncak kahianga yang berarti puncak kayangan.

Wakatobi memang memiliki panorama keindahan yang sangat khas, yang tak ditemukan di daerah lain. Banyaknya keindahan wisata yang ditawarkan, membuat para pengunjung memiliki banyak pilihan jika sudah berada di sana, mulai dari pesona bawah lautnya dengan karang dan biota laut hingga pesona keindahan puncaknya.

Puncak kahianga terletak di Desa Kahianga yang merupakan desa adat di Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, yang masih mempertahankan kearifan lokalnya melalui tradisi dan budaya.

Dalam literatur lokal, kata "kahianga" berasal dari kata "kayangan" yang berarti suasana tenteram dan bersahaja. Sehingga tak heran jika masyarakat Desa Kahianga masih mengutamakan kesederhanaan serta merawat nilai-nilai budaya yang telah diwariskan oleh para leluhurnya dalam berbagai aspek kehidupan. Puncak ini memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi padang savana yang sangat indah.

Ketika berada di puncak ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut Pulau Tomia yang biru cerah dengan pepohonan rindang yang hijau dan sejuk dipandang mata. Selain itu, saat sore hari, pengunjung bisa menyaksikan keindahan langit saat matahari terbenam dan di pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit.

Baca Juga: Menikmati Aktivitas Seru di Desa Wisata Liya Togo Wakatobi

Seorang pengunjung puncak kahianga, Nur Cahya mengatakan, puncak ini sangat bagus dijadikan tempat nongkrong ataupun jalan-jalan bersama teman-teman dan keluarga, keindahan padang savananya hingga air laut yang bisa dilihat dari puncak, menambah keindahan puncak ini.

Puncak kahianga terletak di Desa Kahianga yang merupakan desa adat di Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, yang masih mempertahankan kearifan lokalnya melalui tradisi dan budaya. Foto: Repro ig @dhan_dk

 

“Banyak spot foto menarik, jadi kita bisa berfoto di beberapa spot dalam satu tempat yang sama. Berfoto dengan latar belakang pepohonan hijau dan laut biru cerah, menjadi favorit saya ketika datang di puncak ini,” ujar Nur pada Selasa (11/6/2023).

Di Puncak Kahianga juga banyak ragam spot foto yang instagramable yang sangat digemari kalangan muda. Dengan beberapa jepretan saja, Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang memuaskan. Jadi untuk momen ngabuburit di puncak kahianga lebih istimewa apalagi bersama orang-orang terdekat.

Baca Juga: Keunikan Pemandian Air Tawar Loka di Pulau Siompu Buton Selatan, Punya Fosil Tengkorak Perompak

Untuk diketahui, Desa Kahianga masuk dalam kategori 19 desa wisata di Sulawesi Tenggara yang berhasil lolos masuk dalam kategori 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Kahianga terbagi atas 3 (tiga) kawasan dusun, yakni Dusun Parigi, Dusun Bente, dan Dusun Lana. Berada pada ketinggian 300 Mdpl membuat wilayah daratannya sangat subur untuk menghasilkan potensi sumber daya alam yang dapat menunjang kelangsungan hidup bagi masyarakatnya.

“Sebelum menjadi desa wisata, Desa Kahianga sudah menjadi tujuan favorit bagi pengunjung lokal, wisatawan domestik dan mancanegara. Pesona pemandangan alam, seni, budaya, dan hutan ekologis, telah menjadi magnet untuk tetap mengunjungi desa ini. Dengan berbagai potensi yang ada dalam  pengelolaan desa wisata, pemerintah Desa Kahianga dan masyarakat beserta lembaga lokal secara swakelola mengembangkan konsep pariwisata berbasis masyarakat,” tulisnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga