Meriahkan HUT ke-78 RI, 17.000 Meter Bendera Merah Putih Dibentang Ribuan Siswa SMA dan SMK di Kendari-Konawe Selatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
Meriahkan HUT ke-78 RI, 17.000 Meter Bendera Merah Putih Dibentang Ribuan Siswa SMA dan SMK di Kendari-Konawe Selatan
Selain pengibaran bendera merah putih sepanjang 17 Km juga dimeriahkan dengan Marching Band di depan Sat Brimob Polda Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Bendera itu sebelumnya telah dijahit oleh siswa SMK se-Sulawesi Tenggara, di mana sekolah yang terlibat di antaranya SMK 3 Baubau, SMK 3 Raha, SMK 3 dan SMK 4 Kendari, SMK 1 Kolaka, SMK 1 dan 4 Unaaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara meriahkan HUT ke-78 RI dengan melakukan pengibaran bendera merah putih.

Ide itu digagas oleh Kepala Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin dengan dilakukan pengibaran sepanjang 17 Km pada HUT ke-78 RI tahun 2023 yang dilakukan oleh sekitar 17 Ribu siswa-siswi SMA, dan SMK Kabupaten Konawe dan se-Kota Kendari.

Bendera itu sebelumnya telah dijahit oleh siswa SMK se-Sulawesi Tenggara, di mana sekolah yang terlibat di antaranya SMK 3 Baubau, SMK 3 Raha, SMK 3 dan SMK 4 Kendari, SMK 1 Kolaka, SMK 1 dan 4 Unaaha.

Selain pengibaran bendera, juga diwarnai oleh marching band sebanyak 12 drum band yang berasal dari Kota Kendari dan 7 drum band asal Kabupaten Konawe Selatan.

Siswa SMA di Kendari melakukan pengibaran bendera saat merayakan HUT ke-78 Indonesia. Foto: Ist.

 

Adapun lokasi pembentangan bendera mulai dari Benu-benua (depan Masjid Al Madani) melewati sepanjang Jalan By Pass Laode Hadi menuju ke pasar Baru. Lalu ke arah Lepo-Lepo hingga melewati Kantor Mako Brimob, tepatnya di Jalan Mayjen Katamso hingga berakhir ke arah Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, tepatnya berada di SMAN 8 Konawe Selatan.

Baca Juga: Dibentangkan Besok, Ini Lokasi Pengibaran Bendera 17 Km Karya Siswa SMK se-Sulawesi Tenggara

Bendera tersebut dibentangkan oleh seluruh siswa dari Kabupaten Konawe Selatan dan Siswa Se-Kota Kendari serta para kepala sekolah, guru, hingga para staf sekolah.

Siswa SMAN 5 Kendari saat melakukan pengibaran bendera di depan Mako Brimob Polda Sultra. Foto: Ist.

 

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Husrin mengatakan pembentangan bendera sejauh 17 Kilometer melalui dua kabupaten kota yakni Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan.

"Bendera sepanjang 17.000 meter ini dijahit oleh siswa siswi SMK yang ada di kota Baubau, Muna, Kendari, Konawe dan Kolaka, dan ini tentang bagaimana anak-anak kita menjaga kedaulatan negara. Dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi para siswa yg menjahit dan membentangkan bendera merah putih, dan bendera ini di kibarkan oleh seluruh siswa dari Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari yang berjumlah 17.000 orang siswa ditambah dengan seluruh guru dan staf yang ada disekolah, tuturnya, pada Telisik.id,  Selasa, (15/8/2023).

Baca Juga: Meriahkan HUT Ke-78 RI Pemda Konawe Gelar Gerak Jalan 17 Km

Hal serupa diungkapkan oleh Eka, salah seorang warga Kota Kendari yang merasa bangga dan senang dengan adanya pembentangan Bendera sepanjang 17 kilo meter.

"Sangat senang pak dan bangga melihat kemeriahan hari kemerdekan kita dengan membentangkan merah putih di sepanjang jalan Kota Kendari " ujar ibu rumah tangga ini.

Guru SMAN 10 Kendari, Sabrin mengatakan pihaknya tak memerlukan waktu lama dalam mengatur persiapannya, hanya satu hari saja. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga