Mistik, Cara Ini Diyakini Bisa Kalahkan Kuyang

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 07 Oktober 2023
0 dilihat
Mistik, Cara Ini Diyakini Bisa Kalahkan Kuyang
Penggambaran kuyang, mahkluk jadi-jadian, masih diyakini hidup berdampingan dengan massyarakat. Foto: Kolase, Istockphoto

" Begitu banyak kisah legenda urban yang sangat populer di Indonesia, salah satunya yakni hantu kuyang yang menjadi kisah horor dari Kalimantan. Hampir setiap orang di Indonesia mengetahui jenis hantu menyeramkan ini. Di daerah Sulawesi, makhluk ini punya berbagai macam sebutan "

KENDARI, TELISIK.ID - Begitu banyak kisah legenda urban yang sangat populer di Indonesia, salah satunya yakni hantu kuyang yang menjadi kisah horor dari Kalimantan. Hampir setiap orang di Indonesia mengetahui jenis hantu menyeramkan ini. Di daerah Sulawesi, makhluk ini punya berbagai macam sebutan.

Sosok makhluk jadi-jadian ini, menampilkan kepala hancur dan hanya memiliki ciri khas organ dalamnya ini mampu membuat siapapun lari kalang kabut jika langsung berpapasan dengannya. Tidak seperti hantu drakula dan vampire yang memiliki kelemahan terhadap bawang putih, rata-rata hantu endemik Indonesia nyaris tidak memiliki kelemahan, begitu juga dengan si kuyang ini.

Salah satu warga yang tinggal di Kota Kendari, Surahman mengatakan, mengenai hantu populer ini ternyata ia memiliki sisi lemahnya sendiri. Diketahui jika hantu ini merupakan jelmaan dari pesugihan yang dilakukan oleh manusia normal untuk memperoleh keabadian.

Baca Juga: Mistik: Jenazah Pelaku Santet Ditinggal, Bau Busuk Menyengat

"Makhluk ini bukan hantu sungguhan seperti pocong atau kuntilanak pada umumnya. Darah bayi yang baru lahir, darah yang dikeluarkan wanita saat melahirkan jadi kesukaanya, yang mereka cari saat terbang di atas pemukiman warga," ujar Surahman, Sabtu (7/10/2023).

Menurut Irham, seorang masyarakat di Kabupaten Buton Tengah, wujudnya yang terus bertukar antara kuyang dan manusia meninggalkan bekas tanda melingkar di sekitar leher berwarna hitam atau merah.

"Menggunakan aksesori tersebut secara berlebihan atau di cuaca yang tidak sesuai, bisa menjadi salah satu indikasinya." ucapnya, Minggu (7/10/2023).

Salah satu sumber dari kanal YouTube Mbah Firma menyatakan, wanita yang mempelajari ilmu Kuyang melihat bayi sebagai salah satu calon mangsanya. Meskipun mereka berwujud manusia di siang hari, tubuhnya secara natural akan berperilaku aneh jika dihadapkan dengan bayi.

Bayi yang katanya lebih peka dibandingkan manusia akan merasakan anomali tersebut dan menangis ketakutan sebagai responsnya.

Sama seperti makhluk halus lainnya, kuyang memiliki hal yang ditakuti. Warga lokal percaya dengan membakar paku, menggunakan bulu landak, sapu lidi, serta menancapkan bawang merah dan putih ke jarum dapat mengusir sosok ini.

Baca Juga: Mistik: Cerita Seram, Wanita Diikuti Makhluk Gaib saat Liburan di Pantai

Selain itu, lantunan ayat suci dari Alquran juga memiliki dampak pengusiran yang sama pada sosok ini. Ketika mereka mendengar lantunan tersebut di siang hari, mereka otomatis akan merasa gelisah.

Sementara salah Istin Rahayu, mengaku pernah merasakan kehadiran makhluk ini mengatakan, "Orangnya ada di sekeliling kita, namun ia (kuyang), dapat beradaptasi pada masyarakat secara langsung," ungkapnya.

Meskipun di dalam kepercayaan dan legenda, Kuyang mungkin menakutkan, pengetahuan tentang lemahnya dan cara mengusirnya memberikan sedikit keberanian kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang dipercayai sebagai tempat berkeliaran Kuyang. Apakah ini hanya mitos atau nyata, rasa ingin tahu manusia terus menggali kebenaran di balik legenda ini. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga