adplus-dvertising

Mistik: Ini Deretan Ritual Unik di Dunia dari Simpan Mayat hingga Makan Abu Jenazah Dicampur Sup

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
3087 dilihat
Mistik: Ini Deretan Ritual Unik di Dunia dari Simpan Mayat hingga Makan Abu Jenazah Dicampur Sup
Ritual Voodoo di Haiti. Foto: Repro Viva.co.id

" Festival ini diadakan sekali setahun sebagai keyakinan bahwa orang mati pergi mengunjungi mereka yang masih hidup "

KENDARI, TELISIK.ID - Kematian, roh, arwah, hantu, dan sejenisnya selalu jadi perbincangan menarik. Terutama saat ada kebiasaan yang dianggap unik oleh masyarakat awam.

Meski kebiasaan tersebut kelihatannya mengerikan, tapi pada akhirnya hal tersebut jadi ciri khas masyarakat setempat, malah ada yang jadi atraksi wisata. Apa aja ritualnya, yuk, lihat daftarnya berikut ini, dilansir dari sindonews.

1. Festival Zhongyuan (Hongkong)


Festival ini diadakan sekali setahun sebagai keyakinan bahwa orang mati pergi mengunjungi mereka yang masih hidup. Demi meringankan penderitaan roh, disiapkan sesaji, konser, opera, parade, dan pesta besar-besaran dengan menaruh lukisan atau foto keluarga di atas meja, lalu membakar dupa.

2. Dia de los muertos (Meksiko)

Dirayakan selama dua hari pada awal November, penduduk setempat akan berpakaian seperti leluhur yang sudah meninggal dengan kostum unik dan cat wajah.

Mereka juga menyiapkan altar pribadi, bunga Marigold kuning, Tequila, tengkorak dari gula, dan makanan serta minuman di dekat batu nisan sebagai penghargaan untuk mereka yang sudah meninggal.

3. Ma'nene (Sulawesi)

Ada kepercayaan di Toraja, Sulawesi Selatan, untuk menyimpan mayat orang mati bersama keluarga. Anggapannya, kehidupan orang itu bisa diperpanjang dengan menjaga mereka tetap tinggal berdampingan.

Setiap tahun, penduduk akan mencuci dan mendandani mayat dengan baju bersih untuk diarak keliling kampung sebagai penghormatan.

4. Penguburan langit (Tibet)

Upacara keagamaan ini berupa membedah tubuh orang yang sudah mati dan menyebarkan potongan-potongannya di puncak gunung. Setelah membusuk, biasanya tubuh mereka akan dimakan burung.

5. Yanomami (Venezuela)

Suku Yanomami memakan abu jenazah yang dibakar dengan cara dicampur dalam sup pisang. Ini sebagai tanda mengenang dan mencintai jenazah, sekaligus menghindari datangnya mayat dalam mimpi mereka.

Baca Juga: Perjuangan Wanita Mualaf, Rela Disakiti hingga Dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa

Baca Juga: Kisah Pedagang Nasi Kuning dan Songkolo di Tengah PPKM

6. Ritual voodoo (Haiti)

Voodoo adalah agama yang dianut masyarakat di Haiti, voodoo dikenal sebagai ilmu hitam yang berasal dari Afrika atau mirip dengan ilmu santet yang berada di Indonesia.

Negara ini percaya akan pemujaan arwah-arwah leluhur dan dewa yang dipercaya selalu memerhatikan mereka. Arwah-arwah tersebut bernama Lwa atau dieja sebagai Loa. Loa, dipercaya sebagai roh yang berasal dari manusia atau ilahi, yang diciptakan oleh Bondye (Tuhan) untuk membantu sebagai media untuk menghubungkan manusia dengan mahkluk halus,

Dilansir dari Britanica, konon ada 1.000 Loa di Voodoo, dan ribuan Loa itu dikelompokkan dalam 17 panteon (anchon). Meskipun jumlah Loa terbilang banyak, kaum Voodoo hanya mematuhi beberapa jenis Loa. Salah satunya adalah Loa Legba yang dipercaya sebagai roh terkuat. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga