Mobil Innova Terjun ke Jurang, Baru 3 Orang Ditemukan dari 7 Penumpang

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 15 Desember 2021
0 dilihat
Mobil Innova Terjun ke Jurang, Baru 3 Orang Ditemukan dari 7 Penumpang
Tim SAR Medan dan gabungan melakukan evakuasi korban mobil Toyota Innova yang terjun ke jurang di Kabupaten Pakpak Bharat. Foto: Humas SAR Medan

" Dari 7 penumpang mobil termasuk sopir, baru tiga orang yang ditemukan, dalam keadaan meninggal dunia "

MEDAN, TELISIK.ID - Tim SAR Medan bersama tim gabungan kembali menemukan korban dari mobil Innova pelat BL 1537 EF yang mengalani kecelakaan pada Minggu (12/12/2021) lalu.

Mobil nahas yang ditumpangi 7 orang itu terjun ke Sungai Lae Kombih tepatnya di Dusun Buluh Didi Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Barat, Sumut.

Dari 7 penumpang mobil termasuk sopir, baru tiga orang yang ditemukan, dalam keadaan meninggal dunia. Salah satunya sopir bernama Arman Yusuf, warga Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Iya, sudah ada tiga orang yang berhasil ditemukan tim SAR Medan dan gabungan dalam insiden mobil terjun ke jurang itu. Salah satunya Arman Yusuf. Sampai hari ini tim masih melakukan pencarian dimulai sejak pukul 09:00 WIB tadi," kata Humas SAR Medan, Sariman Sitorus kepada awak media, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, tim menemukan Arman Selasa 14 Desember 2021 sekira pukul 09:00 WIB. Tapi di saat mayat itu ditemukan, tim belum bisa mengidentifikasi korban yang diketahui berjenis kelamin pria.

"Korban ditemukan di lokasi air terjun Kedebuhan Subulussalam, Provinsi Aceh dan dievakuasi ke RSUD Subulussalam, setelah proses identifikasi akhirnya identitas korban diketahui bernama Arman Yusuf berusia 50 tahun. Setelah diidentifikasi korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan," sambungnya.

Selain Arman, korban lainnya yang berhasil ditemukan adalah seorang wanita bernama Fitri warga Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Aceh Barat. Dia ditemukan sejauh 25 km dari lokasi kecelakaan.

"Karena sulitnya akses untuk mengevakuasi korban, sehingga korban akhirnya dievakusi melalui objek wisata Sikelang Subulussalam sekitar pukul 19.00 WIB. Di hari yang sama ditemukannya Yusuf. Setibanya tim dan korban di objek wisata Sikelang, korban langsung dievakuasi ke ambulance dan dibawa menuju RSUD Subulussalam guna proses identifikasi lebih lanjut. Korban telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan," sambungnya.

Sebelumnya, Senin (13/12/2021) sekira pukul 18:00 WIB, tim menemukan Khairumi (22) warga Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Aceh Barat. Wanita ini ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sejauh 25 km dari lokasi kecelakaan.

"Jadi, sampai hari ini sudah tiga orang korban yang ditemukan. Tim masih terus melakukan pencarian terhadap 4 orang lainnya, sampai waktu yang belum ditentukan," terangnya.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi mengaku bahwa tim dari kepolisian Polres Pakpak Bharat turut serta melakukan evakuasi dan pencarian sejumlah korban yang dinyatakan hanyut.

Baca Juga: Tak Kunjung Ditemukan, Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan

"Tim menelusuri sungai atau aliran dari lokasi utama mobil Innova yang terjun ke jurang," ungkapnya.

Menurut Hadi, tim belum menemukan bangkai mobil itu secara utuh. Akan tetapi, sejumlah serpihan terlihat di seputaran lokasi.

"Ada ditemukan ban mobil. Kondisi jurang itu cukup terjal dan mengkerucut ke bawah. Kami belum bisa memastikan apakah mobil itu masih utuh atau tidak," terangnya.

Sebagaimana diketahui, mobil Toyota Innova BL 1537 EF masuk ke jurang di Sungai Lae Kombih tepatnya di Dusun Buluh Didi Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Barat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (12/12/2021), sekira pukul 05:00 WIB.

Baca Juga: Gegara Ongkos Pemilu Mahal, Firli Bahuri Ambisi Presidential Threshold Dihapus

Informasi yang dihimpun, ada tujuh orang yang berada di dalam minibus travel itu. Ketujuh korban menurut data tim SAR Medan adalah Arman (sopir) bersama enam orang penumpangnya yaitu Tata Agusnianti (22), Khairumi (22) Fitri Elfirati (26), Arman Yusuf (50), Sudarsih (68). Mereka adalah warga Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Aceh Barat. Seorang lagi adalah Masdi (49) warga Jalan Bunga Wijaya Kusuma No 49 B Padang Bulan Selayang 2 Medan.

Mereka datang dari Provinsi Aceh hendak menuju Kota Medan Provinsi Sumut. Akan tetapi, diduga pengemudi mobil mengantuk dan mobil yang dikemudikannya oleng ke kanan jalan lalu masuk ke dalam jurang. (B)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga