Modus Penipuan Lewat Foto Profil WhatsApp, Begini Cara Kunci Agar Orang Lain Tak Bisa Screenshot

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 10 Juli 2024
0 dilihat
Modus Penipuan Lewat Foto Profil WhatsApp, Begini Cara Kunci Agar Orang Lain Tak Bisa Screenshot
Modus penipuan melalui foto profil WhatsApp, menjadi keresahan tersendiri bagi pengguna. Foto: Repro Istockphoto

" Di era digital dan keterbukaan informasi, pengguna internet harus waspada dengan berbagai modus penipuan online, terutama pemanfaatan foto profil di WhatsApp "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era digital dan keterbukaan informasi, pengguna internet harus waspada dengan berbagai modus penipuan online, terutama pemanfaatan foto profil di WhatsApp.

Pencurian identitas marak terjadi. Penipu bisa melancarkan aksinya dengan menyamar sebagai orang lain, misalnya dengan mengambil foto profil WhatsApp jika mengetahui nomor telepon sasarannya.

WhatsApp telah meluncurkan fitur untuk menghindari pencurian identitas menggunakan foto profil. Kini, pengguna tidak bisa lagi melakukan screenshot foto profil WhatsApp orang lain.

Namun, screenshot masih bisa digunakan saat memperbesar foto profil WhatsApp orang lain di laman chat. Pengguna WhatsApp dapat memilih untuk menampilkan foto profil bagi semua pengguna (everyone), hanya kontak saja (my contacts), semua kontak kecuali beberapa orang spesifik (my contacts except), atau tidak dibagikan ke siapa pun (nobody).

Baca Juga: Metode Ini Diklaim Ampuh untuk Memperoleh Bayi Kembar Perempuan

Berikut caranya, dirangkum CNBC Indonesia, Selasa (9/7/2024). Buka aplikasi WhatsApp di HP Android atau iPhone. Pilih 'Settings'. Pilih 'Privacy'. Pilih 'Profile Photo'. Pilih antara 'everyone', 'my contacts', 'my contacts except', atau 'nobody'. Teknologi yang semakin canggih saat ini membuat sebagian orang terbantu dalam hal yang positif.

Namun, sebagian orang juga memanfaatkan teknologi yang canggih ini untuk hal yang negatif. Contohnya marak terjadi penipuan di aplikasi WhatsApp. Mulai dari modus undangan pernikahan digital hingga memakai foto profil palsu dari hasil mencuri foto profil milik pengguna lain.

Biasanya, hal ini untuk menipu orang lain berkedok lowongan kerja. Penipu membagikan scam lowongan kerja dengan bergaya seolah-olah dari pihak perusahaan resmi.

Bila modusnya sudah seperti itu maka foto profil di berbagai platform, termasuk WhatsApp (WA), wajib dijaga agar tidak dicuri penipu untuk melakukan aksi kejahatan seperti penipuan lowongan kerja.

Di WhatsApp sendiri, pengguna dapat mengatur foto profil agar tidak dilihat dan diakses oleh orang lain. Cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak dicuri penipu: buka aplikasi WhatsApp di ponsel dan klik menu “Settings” atau “Setelan”. Selanjutnya, pilih menu “Privasi”. Klik opsi “Foto Profil”. Pengguna akan disajikan dengan beberapa pilihan pengaturan visibilitas (keteraksesan) foto profil WhatsApp.

Supaya tak mudah dicuri oleh orang asing atau penipu, sebaiknya jangan memilih pengaturan semua orang bisa melihat foto profil WA, seperti dikutip dari tribunnews.com.

Pengguna bisa memilih agar foto profil WA hanya dapat dilihat oleh kontak (pengguna lain yang telah tersimpan nomornya). Bila tak perlu menampilkan foto profil sama sekali, pengguna bisa memilih pengaturan tidak ada pengguna lain yang dapat melihat foto profil.

Baca Juga: Dosen Psikologi Mandala Waluya Kendari Berikan Tips Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Itulah penjelasan mengenai cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak mudah dicuri penipu. Untuk menghindari penipuan online, jangan mudah percaya informasi yang tidak dibagikan dari kanal lembaga, institusi, atau perusahaan resmi.

Pengguna juga sangat disarankan untuk tidak membagikan data pribadi ke orang asing, apa pun bentuknya. Modus penipuan online terus berkembang. Beberapa yang pernah kami catat, antara lain seperti modus penipuan lowongan kerja, penipuan undangan nikah, dan penipuan tagihan BPJS Kesehatan.

Kehati-hatian sangat diperlukan agar tidak menjadi korban penipuan online. Selalu cek sumber informasi yang diterima dan jangan mudah tergiur dengan tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

WhatsApp juga terus memperbarui fitur keamanannya untuk melindungi pengguna dari berbagai bentuk penipuan. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda selalu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan perlindungan maksimal. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga