adplus-dvertising

MUI Gelar Rapat Terkait Wacana Salat Id Berjamaah Saat Pandemi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 13 Mei 2020
764 dilihat
MUI Gelar Rapat Terkait Wacana Salat Id Berjamaah Saat Pandemi
Presiden Joko Widodo menunaikan salat dan merayakan Idul Adha 1438 Hijriah di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2017). Foto: tribunnews.com

" Hari ini ada rapat soal tata pelaksanaan salat Idul Fitri dengan Komisi Fatwa, rapat lewat daring. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, MUI tengah membahas soal salat Idul Fitri berjamaah di tengah pandemi Corona. Rapat tersebut dilakukan hari ini, Rabu (13/5/2020) dan dilakukan secara daring.

"Hari ini ada rapat soal tata pelaksanaan salat Idul Fitri dengan Komisi Fatwa, rapat lewat daring," ucapnya dikutip dari Liputan6.com, Rabu (13/5/2020).

Dia menambahkan, rapat diikuti oleh oleh 41 anggota dan Pimpinan Komisi Fatwa.


"Saya yang mimpin bersama pak ketua," terangnya.

Dia menambahkan, prinsip MUI soal salat berjemaah di tengah pandemi COVID-19 tetap mengacu pada fatwa yang sempat dirilisnya beberapa pekan kemarin.

Baca juga: Muhammadiyah Duga LBP Punya Kepentingan Pribadi di Izin TKA China

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi tengah berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 bersama Presiden Joko Widodo, terkait rencana Salat Id berjamaah ini. Hal ini diungkap oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo.

Menurut dia, jika pandemi COVID-19 belum mereda maka tidak akan dilakukan salat id berjamaah. Kendati sebaliknya, jika ancaman mereda, maka hal itu bisa saja dilakukan.

"Kalau bahaya atau ancaman sudah tidak ada, bisa saja salat dilakukan. Tetapi manakala masih terdapat ancaman atau bahaya COVID, maka ibadah Salat Id berjamaah tentunya ini tidak dilakukan," kata Doni dikutip dari merdeka.com, Selasa (12/5/2020.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga