Mulai 1 April 2021, Syarat Naik Pesawat Bisa Hanya Pakai GeNose

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 25 Februari 2021
0 dilihat
Mulai 1 April 2021, Syarat Naik Pesawat Bisa Hanya Pakai GeNose
Ilustrasi penumpang pesawat. Foto: Repro Antara

" Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, per 1 April GeNose akan menjadi salah satu opsi syarat perjalanan untuk transportasi udara. Sebelumnya, syarat perjalanan transportasi udara hanya bisa menggunakan hasil tes swab PCR dan rapid test antigen. "

KENDARI, TELISIK.ID - Mulai 1 April 2021, penumpang pesawat udara diperbolehkan hanya menggunakan tes GeNose atau alat deteksi COVID-19 berbasis hembusan nafas.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai melakukan rapat dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dia menambahkan, pemerintah dan PT KAI (Persero) juga akan menggenjot penyediaan layanan GeNose di 44 stasiun kereta api di seluruh Indonesia.

"Untuk yang udara, kami konsultasi dengan Pak Luhut, KAI, dan UGM. Ini direncanakan akan dilakukan pada 1 April. Jadi, 5 Minggu dari sekarang. Itu dilakukan setelah 44 stasiun ini sudah selesai," kata Budi Karya silansir Detik.com, Kamis (25/2/2021).

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, per 1 April GeNose akan menjadi salah satu opsi syarat perjalanan untuk transportasi udara. Sebelumnya, syarat perjalanan transportasi udara hanya bisa menggunakan hasil tes swab PCR dan rapid test antigen.

"Kami di sektor perhubungan udara gembira menyambut GeNose, per 1 April akan kita gunakan. Ini akan jadi opsi. Sekarang kan sudah ada PCR dan rapid antigen, nanti akan dilengkapi GeNose," ujar Novie.

Baca juga: Beredar Video Jokowi Ciptakan Kerumunan Massa di NTT

Saat ini, Novie mengaku akan melakukan persiapan standar operasional penggunaan GeNose di bandara. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan revisi aturan soal syarat perjalanan pada transportasi udara agar GeNose bisa digunakan.

Novie juga menyebutkan, pihaknya akan mengkaji pemilihan bandara yang akan menerapkan screening GeNose.

"Nanti akan kita revisi aturannya. Bandaranya kita belum tahu masih dikaji. Pokoknya, kita masih prepare. Supaya semuanya matang, peralatan siap, tempat siap, prosedur siap, airline siap, bandara siap," tuturnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga