Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pemkot Kendari Utamakan Pembangunan Kota

Iki Saputra, telisik indonesia
Selasa, 26 Maret 2024
0 dilihat
Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pemkot Kendari Utamakan Pembangunan Kota
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup saat kegiatan Musrenbang RKPD di Plaza Inn Kendari. Foto: Iki Saputra/Telisik

" Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Kendari Tahun 2025, dibuka Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup di Plaza Inn Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Kendari Tahun 2025, dibuka Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup di Plaza Inn Kendari, Selasa (26/3/2024).

Musrembang RKPD kalian ini mengangkat tema Peningkatan Daya Saing Kota Melalui Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan masa jabatannya yang hanya 1 tahun untuk penataan kota yaitu penerangan jalan, penanganan banjir dan pengelolaan sampah.

Baca Juga: Sultan Buton La Ode Izzat Munarfa Meninggal Dunia

Yusup menambahkan, Pemkot Kendari disalahkan akibat terjadi banjir beberapa waktu yang lalu, maka pihaknya mengimbau untuk membongkar drainase yang tersumbat kepada instansi terkait.

Kemudian juga agar setiap pembangunan jalan lorong wajib terdapat saluran drainase karena pada faktanya banyak jalan setapak yang tidak dibangun tapi dibarengi dengan pembangunan drainase.

Ia berharap, Musrenbang ini benar-benar dimanfaatkan untuk mendiskusikan secara bersama-sama hal yang menjadi perhatian atas fokus pembangunan Kota Kendari tahun 2025.

Karena menurutnya, dokumen RKPD yang dihasilkan tahun ini akan digunakan wali kota terpilih tahun 2025 mendatang.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, fokus pembangunan Kota Kendari perencanaan tahun 2025 yaitu banjir, sampah dan penerangan jalan. Termasuk harus ada keseimbangan pembangunan fisik (penataan kota) dan pembangunan sosial (pembangunan SDM).

Baca Juga: Ali Mazi Perkarakan Hasil Pemilu di MK, Lihat Kekayaan Terakhir si Pemilik Lexus dan Mercy

Sementara itu, Ketua DPRD kota Kendari, Subhan memaparkan bahwa aktualisasi peran legislatif dalam pembangunan di Kota Kendari yaitu tiga hal penting untuk mengoptimalkan pembangunan daerah.

Pertama, adanya kebijakan daerah yang berorientasi pada aspek pembangunan di daerah (yang memihak pada masyarakat). Kedua, mengalokasikan anggaran terkait pembangunan daerah.

Ketiga, responsif dengan memperkuat fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pembangunan di daerah. (A)

Penulis: Iki Saputra

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga