adplus-dvertising

Nasib 29 Esalon II di Muna Ditentukan Lewat Job Fit

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
694 dilihat
Nasib 29 Esalon II di Muna Ditentukan Lewat Job Fit
Kepala BKPSDM Muna, La Ode Ena bersama Wabup, Bachrun Labuta. Foto: Sunaryo/Telisik

" KASN telah memberikan persetujuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk melaksanakan job fit bagi pejabat tinggi pratama "

MUNA, TELISIK.ID - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah memberikan persetujuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk melaksanakan job fit bagi pejabat tinggi pratama (esalon II). Sesuai usulan, job fit akan diikuti oleh 29 esalon II definitif.

"Rekomendasi KASN sudah ada. Kami segera rapat untuk menentukan jadwal pelaksanaan job fit," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, La Ode Ena, Rabu (7/6/2022).

Kompetensi para pejabat itu akan diuji oleh lima orang panitia yang diketuai Sekda, Eddy Uga, akademisi dan tokoh masyarakat. Hasil job fit itu akan menentukan nasib mereka.


"Ada penilaian khusus mengukur kompetensi sesuai jabatan. Kalau hasilnya tidak memuaskan, Pak Bupati sebagai user (pengguna) bisa saja melakukan demosi," terangnya.

Biasanya, lanjut mantan Asisten II itu, setelah pelaksanaan job fit akan dibarengi dengan mutasi. Namun semua itu dikembalikan ke pimpinan.

"Tergantung Pak Bupati," sebutnya.

Baca Juga: Ribuan Personil Dikerahkan Jelang Kedatangan Jokowi dalam GTRA Summit 2022 di Wakatobi

Di Muna saat ini terdapat beberapa OPD yang pejabatnya masih diisi oleh Plt kadis. Adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Kesetauan Bangsan dan Politik (Kesbang), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Baca Juga: Perbaikan Perpustakaan SMPN 1 Reok yang Terbakar Lihat Peluang APBD dan DAK

"Untuk jabatan kosong dan pejabatanya pensiun akan dilakukan lelang," terangnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, job fit dilakukan untuk menguji kecocokan antara kompetensi dan jabatan. Sehingga melalui job fit itu terlihat jelas kemampuan para pejabat dalam menjabarkan visi misinya yang dituangkan dalam program kerja di OPD-nya masing-masing.

"Hasil job fit penentu karir mereka," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga