Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Disetujui Komisi III DPR RI

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 03 Juni 2024
0 dilihat
Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Disetujui Komisi III DPR RI
Komisi III DPR RI sepakat menaturalisasi kedua pesepak bola yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven. Foto: Repro Suara.com

" Komisi III DPR RI setuju untuk memberikan status kewarganegaraan Indonesia kepada dua pesepakbola keturunan Indonesia yakni Jens Raven dan Calvin Verdonk demi membuat Timnas Indonesia menjadi lebih kuat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi III DPR RI setuju untuk dilakukan naturalisasi kepada dua pesepakbola keturunan Indonesia yakni Jens Raven dan Calvin Verdonk demi membuat Timnas Indonesia menjadi lebih kuat, Senin (3/6/2024).

Mengutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, naturalisasi keduanya disetujui dalam rapat kerja Komisi III DPR RI bersama menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yunus Nusi. Selain itu, Calvin Verdonk turut datang, sementara Jens Raven hadir secara virtual.

Baca Juga: Shin Tae-yong Minta Calvin Verdonk Latihan Bersama Timnas Indonesia Meski Naturalisasi Belum Beres, Ini Alasannya

Rekomendasi naturalisasi kedua pemain disampaikan diruang rapat oleh pimpinan rapat kerja Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh di gedung DPR siang ini. Seluruh peserta rapat kerja sepakat naturalisasi Jens Raven dan Calvin Verdonk.

"Komisi III DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Verdonk dan Jens Raven. Untuk selanjutnya dapat diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ucap pimpinan rapat Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh.

Dikutip dari inews.id, dalam rapat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjelaskan pertimbangan memberikan status kewarganegaraan yakni keduanya memiliki keturunan Indonesia. Dia menyebut merupakan salah satu permainan berkelas didikan Feyenoord.

"Ya selalu bersemangat bermain untuk Indonesia, negara tempat beberapa anggota keluarganya dilahirkan dan dibesarkan titik Dia adalah seorang pemain kidal dan bakat dan kepercayaan diri untuk bermain di save kiri, terutama menggunakan tendangan kaki kiri dan kemampuan menembaknya yang tiada duanya," kata Dito.

Sedangkan Jens Raven disiapkan untuk menjadi salah satu striker hebat mewakili Timnas Indonesia di AFC U-20 Asian cup 2025.

"Di mana dia bisa berkembang lebih jauh dan diuji untuk bermain di level yang lebih tinggi di Timnas Indonesia, tim seperti tingkat u-23 dan senior," tambahnya.

Baca Juga: DPR Rapat Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Target Bela Timnas Indonesia Lawan Filipina

Sebelumnya mereka juga raker bersama Komisi X DPR RI. Mereka setuju untuk dilakukan proses naturalisasi dua pesepakbola keturunan Indonesia, Calvin Ronald Verdonk dan Jena Raven.

Kemudian, keduanya akan dibahas di paripurna DPR RI. Setelah itu menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres), lalu pelantikan dan pengambilan sumpah di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Kemudian prose di tingkat FIFA yakni pemindahan federasi. Kemudian berakhir dua pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga