Negara Islam Ini Paling Kaya, Semua Warga Dilayani Gratis

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 15 April 2022
0 dilihat
Negara Islam Ini Paling Kaya, Semua Warga Dilayani Gratis
Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah yang didampingi putranya. Foto: BBC.com

" Negara yang satu ini jadi tetangga dekat Indonesia. Meski sama-sama di ASEAN, cuma beda nasib karena rakyatnya terjamin "

BRUNEI, TELISIK. ID - Negara yang satu ini jadi tetangga dekat Indonesia. Meski sama-sama di ASEAN, cuma beda nasib karena rakyatnya terjamin, inilah Brunei Darussalam.

Mendengar nama Brunei Darussalam, pasti akan membuatmu berpikir. Negara tetangga Indonesia ini memang cukup misterius.

Melansir detik.com, Brunei Darussalam jadi salah satu negara termuda di dunia. Brunei Darussalam sudah ada sejak abad ke-7 silam. Seperti negara-negara lain di Asean, Brunei Darussalam juga pernah diduduki Inggris pada abad ke-19. Namun akhirnya Brunei diberi kemerdekaan tanggal 1 Januari 1984.

Jadi negeri jajahan pasti bikin melarat. Brunei pun sempat masuk dalam daftar negara miskin dunia pada tahun 1929. Namun berkat penemuan cadangan minyak dan gas pada tahun 1930an, Brunei berhasil naik kelas jadi negara tajir di tahun 1940-an.

Sejak saat itu, Brunei mulai menata pemerintahan dan negaranya. Masih mewarisi pemerintahan kesultanan islam, negara ini memberlakukan syariat islam kepada penduduknya.

Di pimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah, Brunei menjamin kehidupan masyarakatnya disegala aspek. Memiliki populasi 433.285 jiwa dengan luas wilayah 5.765 km persegi, Brunei masih tampak lengang tanpa kemacetan.

Penduduk Brunei hidup makmur dan memiliki kendaraan pribadi berupa mobil. Setengah dari penduduknya memiliki mobil tapi motor sangat jarang ditemukan di sini.

Baca Juga: 5 Artis Bollywood yang Jalani Puasa Ramadan Tahun Ini, Nomor 3 Pasti Suka

Mereka bisa hidup sejahtera karena Brunei tak membebankan pajak di sana. Warga negara dan ekspat yang hidup di sana tak dipusingkan soal pembayaran pajak.

Hal ini dikarenakan melimpahnya ekspor minyak dan gas. Sehingga negara tak membutuhkan pajak dari warga negara. Ini mengapa Brunei jadi negara incaran ekspat dari UK dan negara Eropa lainnya.

Melimpahnya minyak dan gas, Brunei menjual BBM dengan harga yang murah. Hal ini juga berpengaruh ke kendaraan umum berupa bus. Saking makmurnya, tarif bus di Brunei tak pernah naik sejak tahun 1990an.

Belum lagi semua infrastruktur berjalan baik. Semua mobil bisa masuk ke semua tol tanpa bayar, gratis. Benar-benar negeri sultan sih ini.

Tak hanya tol yang gratis, semua biaya pendidikan dan tunjangan bagi lansia juga gratis. Mulai dari TK sampai Universitas, semuanya bisa dinikmati oleh penduduk tanpa bayar.

Bicara kesejahteraan pasti tak lepas dari biaya pengobatan penduduk. Warga Brunei memilik akses gratis untuk fasilitas kesehatan. Negara menyediakan asuransi yang bisa digunakan untuk cek kesehatan sampai operasi besar.

Baca Juga: Ternyata Orang di Negara Ini Tak Tidur Malam Sepanjang Ramadan, Ini Alasannya

Kalau penduduknya sakit parah dan tidak bisa diobati di sana, bagaimana? Tenang, negara masih akan tetap membayar semua pengobatan warganya yang berobat di luar negeri.

Untuk urusan pariwisata, Brunei juga tak main-main. Lingkungannya dijaga dengan baik dan tingkat kriminalitasnya rendah. Sehingga sangat aman untuk solo traveling.

Menjadi negara dengan syariat Islam, jangan kaget kalau kamu tidak menemukan alkohol dan rokok. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga