Nikmati Keindahan dari Ketinggian Puncak Toliamba Wakatobi

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Nikmati Keindahan dari Ketinggian Puncak Toliamba Wakatobi
Wisata puncak Toliamba menyuguhkan keindahan panorama Wakatobi. Foto: Repro Travelingyuk

" Puncak Toliamba menawarkan pemandangan indah Wakatobi dari atas ketinggian, yang tentu memberikan sensasi berbeda "

KENDARI, TELISIK.ID - Puncak Toliamba menawarkan pemandangan indah Wakatobi dari atas ketinggian, yang tentu memberikan sensasi berbeda. Kita akan disuguhkan pemandangan alam berupa laut kebiruan, hamparan hutan, hingga pemandangan kota Wakatobi.

Daya tarik yang ada di tempat wisata ini yaitu suasana alam yang masih asri, terlihat pemandangan pulau-pulau dari ketinggian puncak, keindahan sunset dan sunrise serta banyak spot foto keren yang jadi incaran para wisatawan.

Puncak Toliamba merupakan destinasi wisata di ketinggian yang dibuka oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2014. Pemerintah setempat sengaja membangun puncak ini untuk menambah keindahan Wakatobi. Sehingga wisatawan yang berkunjung akan semakin tertarik oleh keindahannya.

Jarak dataran tinggi Toliamba ke pusat Kota Wangi-Wangi kurang lebih 3 kilometer. Dapat ditempuh menggunakan motor ataupun selama 20 menit perjalanan. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan rute perjalanan.

Lokasi wisata Puncak Toliamba merupakan tempat yang cocok bagi kalian yang suka hiking dan tentu saja menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Fasilitas yang ada di Puncak Toliamba ini sendiri juga cukup lengkap dan memadai. Dengan begitu, wisatawan dapat menghabiskan waktu liburan dengan tenang dan tentu saja nyaman.

Baca Juga: Pesona Puncak Langkapa yang Tersembunyi, Nikmati Keindahan Bombana dari Ketinggian

Dilansir dari celebes.co, tidak ada biaya masuk bagi wisatawan untuk menikmati keindahan puncak Toliamba. Pemerintah setempat belum menetapkan biaya retribusi untuk wisata yang menawan ini. Wisatawan hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan.

Di atas puncak, kerap kali kita akan menemukan sejumlah pedagang keliling yang membawa dagangannya untuk dijual ke pengunjung. Ada beragam jenis  makanan dan minuman yang ditawarkan sehingga kita tidak perlu repot membawa bekal.

Tidak ada biaya retribusi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan puncak Toliamba. Foto: Repro Celebes.id

 

Bagi wisatawan yang datang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini tersedia lokasi parkir yang dijaga. Tempat parkir yang disediakan pun cukup luas bagi kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Salah seorang masyarakat setempat, La Ode Zulfikar menjelaskan bahwa yang menjadi daya tarik puncak Toliamba adalah pemandangan indah dari atas ketinggian dengan akses yang tidak terjal.

Baca Juga: Intip Pesona Gua Kontamale Wakatobi, Dipercaya Bisa Datangkan Jodoh

‘’Puncaknya sudah disediakan tangga yang memudahkan wisatawan naik ke atas,’’ ucapnya.

Selain itu, salah seorang fotografer asal Wakatobi, Marsela mengungkapkan kekagumannya terhadap puncak Toliamba yang memiliki spot foto menarik dan beragam.

‘’Tulisan Toliamba Wakatobi terpampang sangat besar di atas bukit, biasanya yang datang pasti spot itu dulu yang diincar, baru berfoto latar pemandangan lain,’’ ungkapnya kepada Telisik, Jumat (26/5/2023) (A-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga