Nusa Tenggara Timur Komit Dorong Laut untuk Kesejahteraan Masyarakat

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Nusa Tenggara Timur Komit Dorong Laut untuk Kesejahteraan Masyarakat
Wagub Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi di Kupang, Kamis (10/11/2022). Foto: Ist.

" Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi menjelaskan komitmen pemerintah Provinsi terkait pengelolaan kawasan laut dengan mengedepankan tiga aspek, yakni perlindungan, pemanfaatan dan keberlanjutan "

KUPANG, TELISIK.ID - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi menjelaskan komitmen pemerintah Provinsi terkait pengelolaan kawasan laut dengan mengedepankan tiga aspek, yakni perlindungan, pemanfaatan dan keberlanjutan.

Dengan kondisi geografis Nusa Tenggara Timur yang miliki luas laut lebih besar dari pada daratan, pemerintah provinsi terus mendorong agar kawasan laut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat

"Untuk mengoptimalkan perlindungan kawasan laut, kami terus mendorong upaya penguatan kesadaran atau pemberdayaan masyarakat serta penegakan hukum terhadap para perusak biota laut," kata Josef, Kamis (10/11/2022) di Kupang.

Baca Juga: Adendum Pencairan Sisa Pinjaman di PT SMI Belum Disetujui Kemenkeu

Sementara terkait aspek pemanfaatan, pemerintah provinsi mengedepankan prinsip terbatas dan terukur.

Masyarakat kata Josef, boleh mengambil hasil laut tapi dengan cara yang wajar dan normal, bukan dengan lakukan pengeboman dan merusak biota laut.

Selanjutnya terkait aspek keberlanjutan, mantan anggota DPR tersebut menjelaskan pentingnya upaya menjaga kebersihan laut.

Baca Juga: Karnaval Budaya Kolaka Timur Target Kebangkitan Ekonomi

"Kami terus mendorong kesadaran masyarakat di pesisir pantai untuk menjaga kebersihan kawasan laut. Supaya ikan dan biota laut lainnya bisa berkembang biak dan memberi hidup yang berkualitas bagi manusia," ujarnya.

Sementara itu, Tim Penilai Ekosistem Laut, Endra Yusran Sirry menjelaskan, pihaknya akan memperkuat kawasan konservasi, baik yang dikelola pemerintah pusat maupun daerah agar lebih bermanfaat.

"Kami ingin agar pengelolaan kawasan konservasi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah," jelas Hendra. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga