Nusa Tenggara Timur Rawan Gempa dan Tsunami, Ini Alasannya

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022
0 dilihat
Nusa Tenggara Timur Rawan Gempa dan Tsunami, Ini Alasannya
Ketgam; Ilustrasi Tsunami. Foto: Repro Grid.id

" Nusa Tenggara Timur memiliki dua generator gempa yang menjadikan wilayah tersebut rawan gempa dan tsunami "

KUPANG, TELISIK.ID - Nusa Tenggara Timur memiliki dua generator gempa yang menjadikan wilayah tersebut rawan gempa dan tsunami.

Kordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, wilayah Nusa Tenggara Timur bukan daerah lempeng benua, namun merupakan daratan yang terjadi di atas proses vulkanisme wilayah Sunda Kecil.

Tempat ini, kata Daryono, banyak gunung aktif, wilayahnya juga aktif secara tektonik. Karena itu diapit oleh dua sumber gempa potensial dari utara dan selatan.

Di bagian utara Nusa Tenggara Timur terdapat pemicu gempa sesar naik busur belakang atau Flores Back Arc Thrust. Kemudian bagian selatan, terdapat bidang kontak zona megathrust yang memiliki kekuatan maksimum M 8,5 dan zona benioff, tempat terjadinya gempa interslab.

Baca Juga: Bupati Muna Barat Akan Pamitan ke Warga Saat Ekspose Pembangunan

"Itu lah alasan Nusa Tenggara Timur rentan diguncang gempa," kata Daryono, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: Pihak PLN Sambangi Keluarga Bocah Korban Tersengat Listrik, Polisi Proses Hukum

Gempa-gempa di sekitar wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, katanya lagi, ada kontak-kontak, pernah memicu kerusakan yang cukup besar, sebab jika sesar Flores naik di utara maka bisa memicu terjadinya gempa yang berefek di atas VI-VII MMI, bahkan bisa rusak berat jika strukturnya lemah di pusat gempa, maka bangunan-bangunan akan roboh. (C)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga