ODGJ dan Disabilitas di Jatim Disuntik Vaksin Sinopharm

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 10 Agustus 2021
0 dilihat
ODGJ dan Disabilitas di Jatim Disuntik Vaksin Sinopharm
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta dan Gubernur Khofifah saat meninjau vaksinasi disabilitas. Foto: Ist.

" Mantan Kepala BKKBN ini mengatakan, ada vaksin yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan khusus untuk disabilitas dan ODGJ "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polda Jatim dan jajaran menginisiasi vaksinasi untuk disabilitas dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) se-Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, vaksinasi terhadap disabilitas dan ODGJ merupakan perluasan dari vaksinasi dengan menggunakan vaksin sinopharm.

“Hari ini serentak se-Jatim dilakukan jajaran Polda Jatim di tingkat Polres dilakukan vaksinasi. Untuk masyarakat umum menggunakan astrazeneca dan sinovac dan  untuk SDM kesehatan yang saat ini masuk  dosis ketiga menggunakan vaksin moderna,” jelas mantan Mensos ini di Surabaya, Selasa (10/8/2021).

Mantan Kepala BKKBN ini mengatakan, ada vaksin yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan khusus untuk disabilitas dan  ODGJ.

“Format-format  seperti ini untuk pelaksanaannya tentunya memerlukan koordinasi dengan SLB (Sekolah Luar Biasa) atau dengan panti-panti dan tentunya dengan pihak orang tua,” jelasnya.

Baca Juga: Cek Syarat Naik Pesawat Udara saat PPKM Level 3-4

Baca Juga: Mutasi COVID-19 Baru Bernama Varian B1621, Sudah Ada Kasus Meninggal

Pemberian vaksinasi untuk disabilitas dan ODGJ ini, kata Gubernur Khofifah, merupakan bukti perlindungan terhadap warga negara dalam menghadapi pandemi COVID-19.

”Apalagi saat ini HUT ke-76 RI, adanya maksimalisasi dari negara untuk disabilitas dan ODGJ,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, pihaknya akan terus melakukan vaksinasi sebagai upaya untuk menekan pandemi COVID-19.

“Masyarakat berbondong-bondong datang ke jajaran minta untuk divaksinasi. Kami apresiasi penuh tingkat kesadaran tinggi masyarakat untuk segera divaksinasi. Atas permintaan tersebut, vaksinasi akan terus ditambah di tingkat jajaran semuanya,” tandasnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga