Oknum TNI Diduga Rampok Uang Ratusan Juta Petugas Bank Panin

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
Oknum TNI Diduga Rampok Uang Ratusan Juta Petugas Bank Panin
Kantor Kodam I Bukit Barisan yang berada di Jalan Gatot Subroto, Medan tempat Sertu E bertugas. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Prajurit Kodam I Bukit Barisan, Sertu E diamankan Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/3 Pekanbaru karena diduga terlibat perampokan petugas ATM Panin Bank "

MEDAN, TELISIK.ID - Prajurit Kodam I Bukit Barisan, Sertu E diamankan Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/3 Pekanbaru karena diduga terlibat perampokan petugas ATM Panin Bank.

Informasi yang diterima, aksi dugaan perampokan itu dilakukan Sertu E bersama 4 orang rekannya yang nekat merampok petugas Panin Bank di Pekanbaru yang saat itu akan memasukan uang ke dalam mesin ATM.

Ada 5 terduga pelaku perampok telah diamankan Polda Riau. Dua dari mereka adalah anggota TNI aktif yaitu Serma A bertugas di Jawa dan Sertu E yang bertugas di Kodam I Bukit Barisan.

Baca Juga: Pria asal Konawe Terancam Hukuman Mati Usai Dibekuk Miliki Sabu 1,165 Kg

Kapendam I Bukit Barisan, Kolonel Rico Julyanto Siagian ketika dikonfirmasi membenarkan, Sertu E sudah diamankan oleh Denpol Pekanbaru.

"Iya, Sertu E sudah diamankan dan diproses di Denpol Pekanbaru. Saat ini, yang bersangkutan masih dilakukan pemeriksaan keterkaitan dengan perkara yang diduga dilakukannya," ungkap Kolonel Rico Julyanto Siagian, Senin (13/3/2023).

Kolonel Rico Julyanto Siagian menambahkan, Sertu E ditugaskan di Pekanbaru.

"Tugas di Satuan Yon Arhanud Pekanbaru Sertu E. Sudah lama yang bersangkutan tugas di Kodam I Bukit Barisan," terangnya.

Terpisah, Ketua Garda Bela Negara Nasional (GBNN) Sumatera Utara, Trie Yanto Sitepu mengutuk keras dugaan kasus perampok yang menjerat anggota TNI yang berdinas di Kodam I Bukit Barisan.

"Kami (GBNN) mengutuk keras adanya dugaan anggota TNI dari Kodam I Bukit Barisan yang melakukan perampokan di Kota Pekanbaru Riau. Seharusnya TNI ini manunggal dengan rakyat, bukan menjadi perampokan," ungkapnya

Selain itu, Trie Yanto Sitepu juga meminta kepada Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin memberikan sangsi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Bongkar jaringannya, apakah insiden itu baru sekali dilakukan atau ada jaringannya. Kami dari GBNN Sumatera Utara akan mendukung Kodam I Bukit Barisan untuk mengungkap kasus perampokan ini," terangnya.

Baca Juga: Sekda Kota Kendari jadi Tersangka Dugaan Suap PT Midi Utama Indonesia

Sebagaimana diketahui, kawanan perampokan itu beraksi Minggu (5/3/2023) kemarin. Mereka membawa senjata api dan menggasak uang Rp 100 juta yang hendak diisi ke sebuah mesin ATM di Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Riau.

Kawanan pelaku itu juga sempat melepaskan tembakan atau peluru ke arah satu dari tiga petugas yang melakukan pengisian uang di ATM milik salah satu bank swasta tersebut. Setelah berhasil melakukan perampokan, mereka langsung melarikan diri dengan menggunakan mobil. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga