Padamkan Api, Dua Petugas Damkar Muna Kena Pukul dan Lemparan

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 05 Juni 2020
0 dilihat
Padamkan Api, Dua Petugas Damkar Muna Kena Pukul dan Lemparan
Petugas Damkar Muna saat memadamkan api di pasar Laino. Foto : Sunaryo/TelisikPetugas Damkar Muna saat memadamkan api di pasar Laino. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kondisinya gelap. Orangnya kita tidak tahu. "

MUNA, TELISIK.ID - Dua petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muna yang berstatus honorer terkena pukulan dan lemparan saat tengah berjibaku memadamkan kobaran api yang melalap kios-kios di Pasar Sentral Laino, Jumat dini hari (5/6/2020).

Adalah Bambang alias Ugi dan Budiman. Bambang dipukul pada bagian kepala oleh orang tak dikenal saat tengah menarik selang. Sementara Budiman, terkena lemparan di bagian tanganya.

"Kondisinya gelap. Orangnya kita tidak tahu," kata Bambang diamini Budiman.  

Kendati anggotanya terkena pukulan dan lemparan, La Ode Riktamin, Kabid Damkar, Sat Pol PP tetap memerintahkan mereka untuk terus menyemprotkan air pada kios-kios yang terbakar. Pantang pulang sebelum padam yang melekat pada jiwa raga mereka terus dikobarkan, kendati nyawa menjadi taruhannya.

Baca juga: Pasar Laino Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Miliar

"Itu biasa terjadi. Tugas utama kami bagaimana menyelamatkan bangunan-bangunan baik yang sudah terbakar maupun yang belum," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Operasional Damkar, Yamin menerangkan, mereka turun ke pasar sekira pukul 02.00 Wita,  setelah mendapat laporan. Tiga unit armada diterjunkan. Kobaran api yang begitu besar akibat angin kencang, menyulitkan mereka melakukan penyemprotan.

"Api berhasil dikuasai nanti pukul 06.30 Wita," sebutnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga