Paduan Suara PKK Kota Kendari Raih Juara 2 Jambore PKK Nasional di Solo

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 19 Mei 2024
0 dilihat
Paduan Suara PKK Kota Kendari Raih Juara 2 Jambore PKK Nasional di Solo
Paduan suara PKK Kota Kendari meraih juara 2 pada Jambore PKK Nasional di Solo. Foto: Ist.

" PKK Kota Kendari kembali mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tenggara dengan meraih juara kedua pada Jambore Kader PKK Tingkat Nasional yang diadakan di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah "

KENDARI, TELISI.ID - PKK Kota Kendari kembali mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tenggara dengan meraih juara kedua pada Jambore Kader PKK Tingkat Nasional yang diadakan di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (16/5/2024).

Prestasi ini diraih berkat kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari jajaran Pemerintah Kota Kendari yang dipimpin oleh Pj Wali Kota, sekda, serta OPD, teknis, camat, lurah, dan seluruh pengurus PKK Kota Kendari.

Dikomandoi langsung Pj Ketua TP-PKK Kota Kendari Ira Wilis Kesumadoty Yusup, didampingi Ketua I Bidang Pembinaan Keluarga TP-PKK Kota Kendari Irma Sukmawati Ridwansyah, paduan suara PKK Kota Kendari tampil mewakili TP-PKK Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kompetisi di ajang kategori lomba paduan suara memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024 yang digelar sejak tanggal 14-16 Mei 2024.

Anggota PPK Kota Kendari Saat mengikuti lomba paduan suara di Solo. Foto: Ist.

 

Nilai paduan suara PKK Sulawesi Tenggara hanya kalah oleh PKK Nusa Tenggara Barat yang meraih juara pertama, juara III diraih PKK Sulawesi Selatan, sedangkan Harapan I, II dan juara Favorit berturut-turut diraih oleh PKK Daerah Istimewa Yogyakarta, PKK Maluku, serta PKK Papua Tengah.

Baca Juga: Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Lokal, Pemda Bombana Kukuhkan PKK

Ajang Jambore Kader PKK Nasional tahun ini diikuti oleh 38 provinsi se-Indonesia, menjadikannya kompetisi yang sangat ketat dan prestisius. Setiap daerah mengirimkan kader-kader terbaiknya untuk berkompetisi dalam berbagai lomba yang bertujuan mengukur kualitas dan kemampuan mereka.

HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK Dihadiri 8.083 kader PKK dari Aceh hingga Merauke. Dengan rangkaian acara HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK antara lain, ada lomba paduan suara, lomba memasak menu pangan lokal sumber karbohidrat non-beras, lomba senam kreasi dan enam langkah cuci tangan, lomba parade budaya nusantara, lomba cerdas cermat dan lomba kreasi jingle galeri pelangi.

PKK Kota Kendari saat mengikuti lomba paduan suara pada Jambore PKK tingkat Nasional di Solo. Foto: Ist.

 

Sementara itu, dalam puncak acara penutupan HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK 2024, Ibu Negara Iriana Jokowi dalam sambutannya menanyakan makanan di Solo yang disukai kepada para peserta yang hadir.

Iriana Jokowi juga meminta kepada peserta untuk tidak lupa membeli oleh-oleh di Solo sebelum kembali ke wilayahnya masing-masing.

“Apa makanan yang disukai ibu-ibu semuanya? Dan jangan lupa beli oleh-oleh,” kata Ibu Negara Iriana Jokowi.

PKK Kota Kendari meraih juara 2 lomba paduan suara pada Jambore PKK Nasional di Solo. Foto: Ist.

 

Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian mengatakan, pencapaian pelaksanaan program sampai tahun 2024 dapat tercapai dengan optimal. Ini karena ada dukungan dari Perpres 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK dan ditindaklanjuti Permendagri 36 Tahun 2020.

“Sehingga kegiatan-kegiatan kami bisa mencapai target dengan kerja sama kepada semua pihak terutama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” kata Tri Tito Karnavian.

Prestasi di Jambore Kader PKK Kota Kendari Tingkat Nasional tahun 2024 ini menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja keras dan kerja sama yang baik, segala sesuatu bisa dicapai.

Baca Juga: Ketua TP PKK Kolaka Timur Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Atolanu

"Semoga prestasi ini juga memperkuat semangat kebersamaan dan kerja sama dalam meningkatkan kualitas kader PKK di seluruh Indonesia," ucapnya.

Ketua TP-PKK Kota Kendari Ira Wilis Kesumadoty Yusup mengatakan, PKK Kota Kendari siap menghadapi tantangan berikutnya dengan semangat dan dedikasi yang lebih tinggi, berusaha untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa yang akan datang.

"Dengan dukungan yang terus mengalir dari berbagai pihak, mereka optimis dapat terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif," kata Ira Wilis Kesumadoty Yusup. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga