Pahlawan Era Modern dalam Bentuk Sekantong Darah di Kontunaga Muna

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 01 Agustus 2024
0 dilihat
Pahlawan Era Modern dalam Bentuk Sekantong Darah di Kontunaga Muna
Tumbuhkan semangat kemerdekaan sebagai pahlawan di era modern, Kecamatan Kontunaga gelar bakti sosial donor darah. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Menyambut HUT Kemerdekaan ke-79, Camat Kontunaga, Kabupaten Muna, berinisiatif melakukan bakti sosial donor darah "

MUNA, TELISIK.ID - Kebutuhan darah sangat urgent, namun terkadang sulit didapatkan. Untuk membantu orang yang membutuhkan darah, Kecamatan Kontunaga menggalakkan semangat kemerdekaan sebagai pahlawan di era modern dalam bentuk donor darah.

Kegiatan bakti sosial itu dilatarbelakangi dengan banyaknya permintaan darah setiap saat baik di Kabupaten Muna dan Muna Barat. Namun masih banyak yang tidak mau mendonorkan darah sehingga sulit mencari pendonor darah secara sukarela.

Untuk itu, dalam menyambut HUT Kemerdekaan ke-79, Camat Kontunaga berinisiatif melakukan bakti sosial donor darah dengan bekerja sama tiga instansi yaitu RSUD dr. LM Baharuddin, Puskesmas Madodo, dan Kecamatan Kontunaga.

Camat Kontunaga, Lestary G Bati mengatakan bahwa dengan donor darah yang dilakukan saat ini dapat membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan darah.

"Inisiatif ini karena melihat banyaknya orang yang membutuhkan pendonor darah. Hal ini menggugah kami untuk menggelar kegiatan ini, dan baru pertama kali dilakukan di sini," ujarnya, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: Pemda Konawe Hibahkan Lokasi Pembangunan Kantor BNN Konawe

Ia mengatakan, hal ini juga bagian dari semangat dalam menyambut kemerdekaan, yang bertema "Jadilah pahlawan di era moderen saat ini, selamatkan sesama dengan setetes darah". Maka sesuai tema tersebut, ia mengajak masyarakat untuk bisa tetap menjadi pahlawan dengan saling menolong tanpa harus berperang seperti zaman dulu.

Sehingga saat berlangsungnya bakti sosial tersebut banyak masyarakat yang antusias untuk mendonorkan darah tetapi banyak yang tidak lulus screening sehingga total pendonor hanya 19 orang.

Baca Juga: Warga Kurang Mampu di Buton Bakal Terima Beasiswa Lewat Dana Desa

Sementara itu, tim RSUD dr LM Baharuddin, dr. La Ode Baynuddin sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan oleh tim Camat Kontunaga, pasalnya stok darah setiap harinya terbatas. Hal ini dikarenakan di Kabupaten Muna belum ada gedung PMI yang secara khusus menangani pengelolaan darah maka semua pengelolaan darah saat ini masih dilaksanakan oleh tim Unit Transfusi Darah RSUD Muna.

Untuk itu, ia juga sangat mengharapkan adanya pendonor sukarela yang bersedia memberikan darah untuk yang membutuhkan darah terutama bagi pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

"Adanya kegiatan ini sangat bagus sekali terutama bagi masyarakat yang sedang dirawat di rumah sakit dan membutuhkan darah," ujarnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga