adplus-dvertising

Paling Produktif dalam Sejarah, Ibu Ini Lahirkan 69 Anak

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 12 Juni 2022
3056 dilihat
Paling Produktif dalam Sejarah, Ibu Ini Lahirkan 69 Anak
Ilustrasi keluarga yang miliki banyak anak. Foto: Repro Detik.com

" Sejarah mencatat Valentina Vassilyeva sebagai seorang ibu paling subur di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam sebuah keluarga memiliki saudara kandung sebanyak empat sampai lima orang adalah hal biasa dan sudah dapat dikategorikan sebagai keluarga besar.

Namun, pernahkah kamu membayangkan mempunyai saudara kandung lebih banyak dari jumlah keluarga Gen Halilintar yang saat ini, memiliki memiliki 13 orang anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan 11 anaknya?

Yap! hal itu rupanya benar-benar pernah dan terjadi pada wanita bernama Valentina Vassilyeva.


Mengutip dari Detik.com, sejarah mencatat Valentina Vassilyeva sebagai seorang ibu paling subur di dunia.

Valentina Vassilyeva adalah istri pertama seorang petani bernama Feodor Vassilyev dari Shuya, Rusia. Keluarga itu hidup pada 1700-an, antara 1707-1782.

Valentina diyakini meninggal pada usia 76, setelah meninggalkan keturunan yang terdiri dari 69 anak, namun 2 di antaranya meninggal saat masih bayi.

Baca Juga: Daftar Negara yang Legalkan Ganja, Nomor 4 Tetangga Indonesia

Menurut rekaman Guinness World Records, yang mengklaimnya sebagai "ibu paling produktif yang pernah ada," wanita itu menjalani 27 kali proses melahirkan. 16 di antaranya menghasilkan anak kembar. 7 kali kembar tiga, dan 4 kali kembar empat.

Jelas, dia tidak melahirkan seumur hidupnya. Ketika menghitung tahun "subur"nya, Valentina diperkirakan melahirkan antara tahun 1725-1765, seperti dikutip dari Brightside.

Rata-rata kehamilan membutuhkan waktu 40 minggu. Menurut perhitungan yang dilakukan BBC, Valentina hanya membutuhkan 37 minggu untuk kehamilan kembar, 32 minggu untuk kehamilan kembar tiga, dan 30 minggu untuk kembar empat. Ketika angka ini ditambahkan maka kita mendapatkan 936 minggu, total kehamilan.

Satu tahun terdiri dari 52 minggu, jadi ketika kita membagi angka yang dihasilkan, kita mendapatkan 18 tahun. Singkatnya, Valentina menghabiskan 18 tahun penuh hidupnya dengan perut hamil untuk memiliki 69 anaknya.

Dikutip dari Kompas.com, selain Nyonya Vassilyev, empat nama berturut-turut di belakangnya adalah Nyonya Gravata, Nyonya Kirillov, Liontina Albina, dan Barbara Stratzmann.

Baca Juga: Bucin Abis, Pria Asal Jepang Pecahkan Rekor Lamar Sang Kekasih Lewat Google Earth

- Nyonya Gravata (62 orang anak)

Semua anak Nyonya Gravata lahir dalam kondisi sehat. Namun, tidak diketahui jumlah anak yang tetap hidup sampai usia dewasa.

- Nyonya Kirillov (57 orang anak)

Semua anak Nyonya Kirillov merupakan hasil dari 21 kali kehamilan, termasuk di dalamnya 10 pasang anak kembar, tujuh pasang anak kembar tiga, dan empat pasang anak kembar empat.

- Leontina Albina (55 orang anak)

Leontina lahir di Cile pada tahun 1926 dan menyatakan bahwa dirinya adalah ibu dari 64 orang anak. Dari 64 orang anak itu, hanya 55 yang terdokumentasi karena saat itu catatan administrasi merupakan hal langka di Cile.

- Barbara Stratzmann (53 orang anak)

Saat usianya menginjak 50 tahun, dia telah melahirkan sebanyak 29 kali, termasuk lima pasang anak kembar, empat pasang anak kembar tiga, sepasang anak kembar enam, dan sepasang anak kembar tujuh.

Dari 53 orang anak Barbara, 19 orang di antaranya meninggal saat masih bayi. Jadi, hanya 34 orang anak yang berhasil hidup sampai usia dewasa. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Baca Juga