Logo Telisik.id

Pancaroba, Tiga Hari ke Depan Sultra Berpotensi Cuaca Ekstrim

955 dibaca Pancaroba, Tiga Hari ke Depan Sultra Berpotensi Cuaca Ekstrim

Ilustrasi cuaca ekstrim. Foto: Repro google

" Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih akan berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, di mana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat."

KENDARI, TELISIK.ID - Badan meteorologi, klimatologis dan Geofisika (BMKG ) memperkirakan beberapa wilayah Indonesia termaksud Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) dalam tiga hari ke depan akan berpotensi terjadi cuaca ekstrim saat peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menyampaikan, pihaknya telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020, di mana diprediksikan sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki awal musim hujan mulai akhir bulan ini, Oktober-November 2020.

"Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih akan berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, di mana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat," kata Guswanto melalui siaran pers BMKG, Selasa (22/9/2020).

Guswanto juga menjelaskan, pada masa peralihan musim, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrim, seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Baca juga: Hari Ini, Sembuh COVID-19 di Sultra Bertambah 116 Orang

Daerah-daerah wilayah Indonesia yang diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode sepekan yaitu, 22-24 September di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera barat, Riau, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa barat, Jawa Timur, Jawa tengah, Kalimantan barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Selanjutnya, periode 25-28 September 2020, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera barat, Riau, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa barat, Jawa tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim angin kencang, hujan lebat disertai kilat/petir.

"Di mana dampak ini dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang," tutupnya.

Reporter: Sheni Rabani

Editor: Kardin

Loading...

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video