Panduan Lengkap Menentukan Arah Kiblat Lewat Ponsel, Simak Lima Aplikasinya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 02 Oktober 2024
0 dilihat
Panduan Lengkap Menentukan Arah Kiblat Lewat Ponsel, Simak Lima Aplikasinya
Dengan bantuan ponsel pintar, umat Muslim dapat menjalankan ibadah, tanpa perlu khawatir salah menentukan kiblat. Foto: Repro Istockphoto

" Selain Google Maps, ada banyak aplikasi yang secara khusus dirancang untuk membantu menentukan arah kiblat. Beberapa aplikasi bahkan dapat digunakan tanpa akses internet "

KENDARI, TELISIK.ID - Menentukan arah kiblat dengan benar adalah hal yang penting bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah salat. Kiblat merupakan arah Ka'bah di Mekkah, yang menjadi acuan untuk menghadap saat melaksanakan salat.

Namun, tantangan muncul ketika berada di tempat baru atau sedang bepergian, sehingga sulit menemukan arah kiblat dengan akurat.

Bagi umat Muslim di Indonesia, arah kiblat berpatokan ke barat laut. Sebelum adanya teknologi, penentuan arah kiblat sering kali mengandalkan posisi matahari terbenam.

Salah satu cara paling umum yang digunakan untuk menentukan arah kiblat saat ini adalah dengan aplikasi peta. Aplikasi seperti Google Maps sering menjadi pilihan utama.

Google Maps memungkinkan pengguna untuk menentukan arah kiblat dengan mudah menggunakan fitur GPS.

Telisikers, berikut ini adalah langkah-langkah praktis untuk menentukan arah kiblat menggunakan Google Maps.

Mengutip CNBC Indonesia, Rabu (2/9/2024), pertama, buka aplikasi Google Maps yang biasanya sudah terinstal pada ponsel Anda. Cari "Ka'bah, Mekkah" di kolom pencarian. Setelah titik lokasi Ka'bah muncul, perkecil tampilan peta hingga terlihat titik lokasi pengguna yang ditandai dengan titik biru.

Titik biru ini akan bergerak sesuai dengan arah ponsel Anda. Arahkan ponsel hingga titik biru mengarah langsung ke Ka'bah, dan itulah arah kiblat Anda.

Baca Juga: Verifikasi Arah Kiblat Saat Matahari Tepat di Atas Ka'bah 27-28 Mei, Simak 7 Caranya

Selain Google Maps, ada banyak aplikasi lain yang secara khusus dirancang untuk membantu menentukan arah kiblat. Beberapa aplikasi bahkan dapat digunakan tanpa akses internet, sehingga sangat praktis saat berada di lokasi terpencil.

Berikut adalah lima aplikasi yang bisa Telisikers coba.

1. Muslim Pro Al Quran Sholat

Melansir Yatekno, aplikasi ini tidak hanya membantu menentukan arah kiblat, tetapi juga menyediakan waktu salat, Al-Qur'an, dan fitur-fitur lain seperti tajwid berwarna dan tasbih digital.

Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. Sebelum digunakan, Muslim Pro akan meminta akses lokasi melalui jaringan dan GPS untuk hasil yang akurat.

2. Kompas Kiblat

Arah Kiblat AR Kompas Kiblat dilengkapi dengan berbagai fitur seperti waktu salat, Al-Qur’an dengan terjemahan, serta penunjuk masjid terdekat. Aplikasi ini juga menyajikan siaran langsung Kaaba TV dan kumpulan hadis.

Pengguna disarankan menjaga ponsel agar tidak dekat dengan perangkat elektronik lainnya untuk hasil yang akurat.

3. 100 Persen Kiblat

Arah Kiblat Aplikasi ini bisa digunakan tanpa koneksi internet. 100 Persen Kiblat menggunakan fitur GPS untuk menentukan arah kiblat, dan pengguna harus memegang ponsel pada permukaan datar untuk hasil yang lebih presisi.

Hindari area dengan medan elektromagnetik yang tinggi agar aplikasi dapat bekerja dengan optimal.

4. Kiblat Finder Pro

Kiblat Finder Pro membutuhkan izin akses lokasi dan koneksi internet untuk berfungsi dengan baik. Untuk hasil yang akurat, pengguna harus menjauhkan ponsel dari objek logam atau magnet.

Baca Juga: Begini Cara Tau Arah Kiblat dari HP

Aplikasi ini sangat membantu terutama bagi mereka yang sering bepergian dan tidak memiliki akses ke aplikasi berbasis peta lainnya.

5. Qibla Connect Find Direction

Qibla Connect menggunakan fitur kompas yang terintegrasi dalam aplikasinya. Kompas virtual akan menampilkan arah mata angin dan arah kiblat ditunjukkan dengan jarum merah yang mengarah pada simbol Ka'bah.

Selain fitur arah kiblat, aplikasi ini juga menyediakan waktu salat, doa-doa pendek, dan desain kompas yang menarik.

Tak hanya aplikasi, Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian kiblat yang disediakan oleh Google tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Fitur ini bisa diakses melalui situs qiblafinder.withgoogle.com. Setelah mengakses situs tersebut, Google akan meminta izin akses kamera ponsel Anda untuk menentukan lokasi.

Arahkan kamera ponsel ke arah yang ditentukan Google hingga garis panduan menunjukkan posisi kiblat yang tepat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga