Partai NasDem Minta Presiden Jokowi Tetapkan Syaichona Cholil Pahlawan Nasional

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 14 Februari 2021
0 dilihat
Partai NasDem Minta Presiden Jokowi Tetapkan Syaichona Cholil Pahlawan Nasional
Wakil Ketua NasDem Jatim, Muzamil Safii. Foto: Try Wahyudi Ary Setyawan/Telisik

" Bahkan di pusat sudah ada tim kajian Syaichona Kholil termasuk di Jatim juga membentuk tim. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Partai NasDem Jatim mematangkan usulan agar Presiden RI Jokowi menetapkan ulama Madura Syaichona Kholil sebagai pahlawan nasional.

Sebagai bentuk keseriusan, partai besutan Surya Paloh tersebut membentuk tim  yang mengkaji kepatutan gelar pahlawan tersebut.

“Syaichona Kholil adalah guru dari seluruh ulama kyai di Indonesia. Salah satu muridnya yaitu KH Hasyim Asyari dan KH As’ad Syamsul Arifin yang sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Ada lima murid beliau yang sudah dinyatakan pemerintah sebagai pahlawan nasional,” jelas Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim Muzamil Syafii kepada Telisik.id, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Pj Sekda Muna Belum Dilantik

Mantan Bupati Pasuruan ini mengatakan, partai NasDem sudah menggelar beberapa kajian baik kajian akademis, historis dan semua bentuk kajian.

”Bahkan di pusat sudah ada tim kajian Syaichona Kholil termasuk di Jatim juga membentuk tim,” jelasnya.

Tim kajian tersebut, sambung Muzamil, sampai saat ini sudah menggelar FGD (Forum Group Discussion) sejarah tentang Syaichona Kholil.

“Bahkan  Partai NasDem akan menggelar seminar nasional dengan melibatkan beberapa tokoh untuk finalisasi rekomendasi partai NasDem agar Presiden RI Jokowi menetapkan beliau sebagai pahlawan nasional. Syaichona Cholil ulama besar sehingga layak untuk mendapatkan gelar tersebut,” tutupnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga