Pasar di Negara Ini Jual Pria untuk Dijadikan Suami, Profesi Dokter Paling Diminati

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Pasar di Negara Ini Jual Pria untuk Dijadikan Suami, Profesi Dokter Paling Diminati
Pasar di India menjual pria untuk dijadikan suami. Para pembeli wanita paling banyak berminat dengan profesi dokter. Foto: Repro Business Universe

" Tradisi membeli calon suami ini sudah terjadi sejak 700 tahun lalu di bagian negara Bihar, India "

INDIA, TELISIK.ID - Mencari dan menemukan seorang pria untuk dijadikan pengantin dan suami, bisa memerlukan waktu yang lama. Faktor kemapanan, bertanggung jawab, dan tentu kasih sayang menjadi hal penting untuk bisa membangun bahtera rumah tangga.

Pasalnya jika salah pilih, bukannya kebahagiaan yang akan didapatkan, namun justru malah menjadi penderitaan bagi wanita dan buah hatinya kelak.

Namun di salah satu wilayah di India, hal ini tidak berlaku. Untuk mendapatkan suami, mereka hanya perlu membeli calon suami di sebuah pasar.

Melansir Pikiranrakyat.com, tradisi membeli calon suami ini sudah terjadi sejak 700 tahun lalu di bagian negara Bihar, India. Calon pengantin wanita dan keluarga bisa membeli calon suami untuk dijadikan kepala rumah tangga.

Setiap tahun, ribuan pria akan berkumpul di bawah pohon Pipal area pasar lokal distrik Madhubani, negara bagian Bihar India, dan menunggu untuk dipilih oleh calon pengantin wanita.

Pasar tersebut dinamai Saurath Mela atau Sabhagachhi. Pasar tersebut dibuka selama 9 hari di setiap tahunnya. Pasar ini mulai ada sejak bertahtanya Raja Hari Singh dari dinasti Karnat lebih dari tujuh abad yang lalu.

Baca Juga: Fenomena Devadasi di India: Jadikan Perempuan Budak Seks Berkedok Pemujaan Dewa

Keberadaan pasar ini dibuka untuk memudahkan wanita menemukan suami yang tepat dari berbagai kelompok pria.  Setiap pengantin pria diberi harga berdasarkan kemampuan mereka, termasuk kualifikasi pendidikan dan latar belakang keluarga mereka.

Memang sedikit aneh, akan tetapi begitulah tradisi wanita Maithili di Bihar India untuk mendapatkan calon suami idaman mereka.

Melansir dari Oddity Central, wanita Maithili akan ditemani keluarga untuk bisa mendapatkan calon suami yang dirasa tepat.

Mereka menelusuri penawaran yang tersedia, meminta bukti seperti akta kelahiran dan akta sekolah, dan jika mereka menemukan seseorang yang mereka sukai (dan mereka mampu membelinya), mereka mulai mendiskusikan detailnya.

Baca Juga: Rihanna Jadi Penyanyi Terkaya di Dunia, Harta Rp 24,3 Triliun Bukan dari Bermusik

Media Al Jazeera baru-baru ini mendokumentasikan pasar pengantin pria tradisional Bihar, melaporkan bahwa insinyur, dokter, dan pegawai pemerintah paling diminati pembeli wanita.

Meskipun mahar secara resmi ilegal di India, dan bahwa salah satu tujuan utama pasar pengantin pria adalah untuk menghilangkan mahar, masih merupakan praktik umum bagi para bujangan muda yang memenuhi syarat untuk menuntut mahar yang cukup besar dari keluarga pengantin wanita.

Rupanya, pengantin wanita sendiri hampir tidak memiliki suara dalam memilih pengantin pria. Keluarga mereka yang mengambil keputusan terakhir. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga