Pasar Usuku Tomia Diserbu Peminat Baju Muslim

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 10 Mei 2021
0 dilihat
Pasar Usuku Tomia Diserbu Peminat Baju Muslim
Situasi di Pasar Usuku, pembeli berburu baju muslim. Foto: Boy Candra F./Telisik

" Di toko ini kebanyakan yang dibeli baju muslim seperti gamis, baju koko, peci hingga mukenah. Biasalah untuk dipakai lebaran nanti. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Hari Minggu (9/5/2021) merupakan hari terpadat sepanjang tahun 2021 di Pasar Usuku Tomia.

Lebaran yang tinggal dua hari membuat masyarakat antusias untuk berbelanja baju lebaran. Alasan lain, karena Pulau Tomia hanya memiliki satu pusat perbelanjaan yaitu Pasar Usuku yang terletak di Kecamatan Tomia Timur.

Di Pasar Usuku inilah para pembeli dari desa-desa lain berbelanja. Pasar ini berada di tengah-tengah Kecamatan Tomia Timur sehingga sangat strategis.

Pasar ini sudah dibanjiri ribuan orang sejak pukul 7 pagi. Kendaraan roda dua yang diparkir, membludak hingga dua sisi jalan.

Baca juga: H-2 Lebaran, Pelabuhan Torobulu Padat Penumpang

Baca juga: Ramadan di Kecamatan Lohia Muna Diwarnai Edukasi Al-Qur'an

Ketika memasuki area tempat jual beli, terlihat rombongan pembeli yang memilih baju muslim. Pada umumnya para pembeli berburu baju lebaran untuk dipakai bersilaturahmi ke rumah sanak saudara.

“Di toko ini kebanyakan yang dibeli baju muslim seperti gamis, baju koko, peci hingga mukenah. Biasalah untuk dipakai lebaran nanti,” ungkap salah satu pedagang, Gambara, kepada Telisik.id, Minggu (9/5/2021).

Gambara mengaku, dagangannya biasanya hanya laku beberapa lembar pakaian setiap hari. Tapi menjelang lebaran kali ini, dagangannya laris manis.

Mayoritas pembeli adalah ibu-ibu serta kawula muda. Baju gamis dagangannya yang dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu, laku banyak.

“Biasanya per hari kami hanya mendapat keuntungan Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan, tapi kini kami bisa meraup untung hingga Rp 3 juta per harinya,” ungkapnya lagi. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga