Pasca Banjir, Air Bersih 49 Rumah Warga di Bombana Terputus

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 21 Desember 2021
0 dilihat
Pasca Banjir, Air Bersih 49 Rumah Warga di Bombana Terputus
Kondisi Sungai Lakambula saat meluap. Foto: Ist.

" Pipa aliran air bersih yang melayani sebanyak 49 rumah warga masih terputus. Hal tersebut terjadi pasca banjir akibat dari sungai Lakambula, Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Warga keluhkan air bersih pasca dilanda banjir akibat dari sungai Lakambula, Kabupaten Bombana yang meluap, pada awal Desember lalu.

Lurah Teomokole, Amsiah saat ditemui mengungkapkan, hingga saat ini pipa aliran air bersih yang melayani sebanyak 49 rumah warga masih terputus, yakni di Lingkungan Rarontole, Lingkungan I dan II.

"Ada sebagian yang punya sumur sendiri, tapi kalau yang air bersih yang melayani masyarakat umum masih terputus karena pipa rusak," kata Amsiah, Selasa (21/12/2021).

Fasilitas lainnya yang mengalami kerusakan telah dilaporkan kepada BPBD Bombana seperti rumah warga yang terancam longsor, taluk penahan air yang nyaris amblas.

Baca Juga: Madina Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Baca Juga: DAK Dikbud Muna Turun Drastis, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Agus Salam, Camat Kabaena, saat dikonfirmasi beberapa mengungkapkan, akibat banjir yang dilanda Kelurahan Teomokole dan Rahampuu, Kecamatan Kabaena, tanaman warga rusak, kendaraan bermotor rusak akibat terendam, 7 rumah longsor.

Olehnya itu, pihaknya berharap pemerintah kabupaten hadir memberikan jaminan kepada masyarakat.

"Masyarakat datang kepada kami minta jaminan agar tidak ada banjir saat musim hujan. Yang mereka butuhkan saat ini ketika hujan tidak ada banjir, artinya penyebab banjir harus segera Pemda tangani secepatnya apalagi musim penghujan ini masih panjang," ucapnya.

Meski banyak kerugian material, namun pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga